Pendidikan Editor : Tomi sudjatmiko Kamis, 17 Mei 2018 / 13:22 WIB

Unissula-YPSC Semarang Kembangkan Praktik Lapangan

SEMARANG,KRJOGJA.com - Prodi D3 Kebidanan Unissula Semarang menjalin kerjasama dengan YPAC Semarang dalam bentuk praktik lapangan.

Ketua Prodi D3 Kebidanan Unissula Machfudloh SSiT MHK kepada pers di kampus setempat, Rabu (16/05/2018) menyatakan tenaga bidan dituntut memiliki berbagai kompetensi, salah satunya kompetensi asuhan kebidanan pada anak dengan disabilitas. Sehingga pihaknya melakukan kerjasama dengan YPAC Semarang.

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

“Untuk bisa terampil dalam memberikan asuhan, calon bidan tidak cukup hanya diberikan materi di kelas, tetapi harus menghadapi kasus secara riil.  Mahasiswa yang praktik saat ini tingkat III semester 6 dengan lama praktik 9 minggu yang terbagi dalam 9 kelompok.  

Menurut Kabag Poliklinik YPAC Semarang Pudji Astuti SPsi Psikolog, sebelum praktik, mahasiswa mendapatkan pembekalan supaya mahasiswa mengerti kondisi anak-anak disabilitas di YPAC. Juga mengerti kegiatan yang sudah dilakukan dan target apa saja yang akan dikerjakan selama belajar.  

Selain praktik, berbagai kegiatan telah dilakukan antara lain memperingati HUT YPAC lewat jalan sehat bersama anak-anak disabilitas dan mahasiswa kebidanan yang juga turut dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dr Julianto Prabowo MKes. (sgi)