872 Siswa SD/MI Khatam Alquran

Pelaksanaan Khataman (Widiastuti)

PENGASIH, KRJOGJA.com - Khatam Alquran kelas VI SD/MI se-Kabupaten Kulonprogo diikuti 872 siswa terdiri 260 laki-laki dan 612 perempuan, di Taman Budaya (TB) Pengasih, Rabu (16/05/2018). Acara yang diadakan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga ini, Baznas juga melaksanakan program 'Kulonprogo Taqwa'. 

Kepala Disdikpora Kulonprogo Drs H Sumarsana MSi, menerangkan bahwa khatam Alquran bagi siswa kelas VI SD/MI selaras dengan Perda Pengelolaan Pendidikan Karakter. 

"Untuk mengukur capaian dari tujuannya khususnya untuk ekstrakurikuler wajib riligius/keagamaan. Bagi peserta didik beragama Islam kelas VI SD/MI diharapkan sudah khatam Alquran, hafal Alquran Surat An Naas hingga Surat Adh Dhuha, dapat memahami tata cara salat dan melaksanakan salat wajib lima waktu," ujanya.

Bupati Kulonprogo dr H Hasto Wardoyo SpOG (K) menyatakan, khatam Alquran siswa kelas VI SD/MI se-Kulonprogo ini merupakan yang pertama kali digelar sejak adanya Perda Pendidikan Karakter. Dalam Perda tersebut ada tiga hal yang ditekankan pada peserta didik.

"Pertama, bidang agama peserta didik SD/MI diwajibkan khatam Alquran bagi yang beragama Islam, sedangkan yang beragama lain khatam kitabnya masing-masing. Kedua, harus mengamalkan Pancasila sebagai nilai luhur bangsa, serta budaya kemataraman seperti sopan-santun (subo sito). Saat ini 872 siswa yang khatam Alquran, tahun depan bisa 5.000 atau seluruh siswa kelas VI," ujarnya. (Wid)

Tulis Komentar Anda