Daftar Ulang Siswa Baru SMP Jalur PIP Dimulai

SUKOHARJO, KRJOGJA.com - Kuota kursi siswa baru di sekolah tingkat SMP di Sukoharjo dipastikan sudah terisi melalui jalur Program Indonesia Pintar (PIP). Sebab calon siswa baru sudah mulai melakukan daftar ulang setelah sebelumnya lolos seleksi pendaftaran. Sisa kuota kursi lainnya masih ada diisi melalui jalur reguler dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) online.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo Darno mengatakan,  daftar ulang siswa baru di sekolah tingkat SMP sudah dilaksanakan mulai 17 - 19 Mei. Pelaksanaanya sendiri dilakukan di masing masing sekolah yang dituju calon siswa. Daftar ulang wajib dilaksanakan calon siswa baru sebagai syarat masuk sekolah, apabila tidak mengikuti maka secara otomatis dianggap gugur.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo memberikan kelonggaran waktu daftar ulang selama tiga hari. Calon siswa baru bisa memilih waktu longgar untuk bisa memenuhi persyaratan sebagai siswa baru. Selain itu sekolah juga memiliki kesempatan cukup banyak waktu memberikan pelayanan selama tiga hari agar tidak terjadi penumpukan.

"Data berapa siswa yang sudah daftar ulang belum kami ketahui. Dinas masih menunggu laporan resmi dari sekolah. Namun dipastikan calon siswa baru sudah mengikuti daftar ulang," ujar Darno di Sukoharjo, Kamis (17/05/2018).

Setelah jadwal daftar ulang selesai maka sekolah sudah bisa mengetahui berapa kuota siswa baru yang sudah terisi melalui jalur PIP. Siswa yang sudah dinyatakan diterima di satu sekolah maka tidak bisa pindah ke sekolah lain kecuali mencabut berkasnya.

"Masyarakat tidak perlu khawatir untuk menyekolahkan anaknya karena yang sudah selesai ini baru jalur PIP saja. Sedangkan jalur reguler atau umum masih belum dibuka," lanjutnya.

Sementara itu sebanyak 204 anak diketahui tidak mendaftarkan diri dalam PPDB SMP secara online melalui jalur PIP. Dari data kuota penerima PIP di Sukoharjo sebanyak 3.315 anak hanya ada 3.111 anak saja yang mendaftar. Dari jumlah pendaftar tersebut berhasil terseleksi sebanyak 2.944 anak, mereka yang lolos seleksi wajib mengikuti daftar ulang pada 17 - 19 Mei apabila tidak maka akan dicoret.

Kabid Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo Dwi Atmojo Heri mengatakan, tahapan PPDB SMP khusus jalur PIP hampir selesai dan tinggal menunggu pelaksanaan daftar ulang saja. Pendaftaran telah selesai dilaksanakan pada 7 - 9 Mei dan dilanjutkan validasi data dan evaluasi 11 Mei. Kemudian pengumuman dilaksanakan 12 Mei.

Dalam proses PPDB SMP jalur PIP diketahui hanya ada 3.111 anak yang mendaftarkan diri. Jumlah tersebut lebih sedikit dibandingkan kuota penerima PIP untuk Sukoharjo dari pemerintah sebanyak 3.315 anak. Artinya ada 204 anak tidak mendaftarkan diri sekolah ke jenjang SMP setelah menamatkan sekolah tingkat SD.

Data dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo diketahui dari 3.111 anak pendaftar PPDB SMP jalur PIP hanya ada 2.944 anak terseleksi. Artinya ada 167 anak tidak lolos seleksi disebabkan karena berbagai alasan salah satunya tidak memenuhi syarat atau kualifikasi sebagai warga miskin.

Sebanyak 2.944 anak yang telah terseleksi dalam PPDB SMP jalur PIP sudah mendapatkan pemberitahuan resmi dari petugas. Hal itu diketahui pada saat pelaksanaan pengumuman pendaftaran 12 Mei lalu. "Setelah mendaftar dan terseleksi maka para siswa yang mendaftar melalui PPDB SMP jalur PIP wajib daftar ulang 17 -19 Mei," ujar Dwi Atmojo Heri. (Mam)

Tulis Komentar Anda