DIY Editor : Ivan Aditya Kamis, 17 Mei 2018 / 10:58 WIB

Harga Daging Ayam di Gunungkidul Mulai Naik

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com - Menjelang datangnya bulan Ramadan 1439 H, harga daging ayam broiler dan telur ayam terus merangkak naik. Dari pantauan KRJOGJA.com di Pasar Argosari, Wonosari, Rabu (16/05/2018) harga daging ayam sudah mencapai Rp 36.000/kilogram dan telur ayam broiler mencapai Rp 25.000 - Rp 26.000/kg.

Menurut salah satu pedagang daging ayam di Pasar Argosari, Sri, kenaikan harga daging ayam, karena pasokan dari pedagang besar berkurang, karena minimnya hasil panen dari peternak. Selain itu dipicu dari cairnya Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang tidak hanya dibelanjakan beras tetapi juga telur ayam.

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

Sementara untuk harga kebutuhan pokok lainnya, seperti beras, gula pasir, minyak goreng, garam dan sayuran masih stabil, belum ada kenaikan yang signifikan. Kasi Distribusi Dinas Perindag Gunungkidul Sigit Haryanto SP yang dikonfirmasi terpisah membenarkan, menjelang datangnya Ramadan ini kenaikan harga kebutuhan pokok terjadi pada harga daging ayam broiler dan telur ayam.

Pihaknya memprediksikan menjelang dan pascalebaran nanti dua komoditi tersebut akan terus mengalami kenaikan. Meskipun pada pertengahan puasa akan mengalami penurunan sedikit, karena turunnya permintaan.

Sigit yang baru saja melakukan pantauan harga di sejumlah pasar tradisional, kenaikan harga telur ayam diakibatkan naiknya permintaan dari masyarakat. Sedangkan untuk daging ayam, selain stok terbatas, juga para pedagang besar memang menaikkan harga jual kepada pengecer.

Dari hasil pantauan harga di Pasar Argosari, Pasar Playen dan Pasar Karangmojo, stok barang kebutuhan pokok masih mencukupi hingga lebaran nanti. Sedangkan untuk harga beras IR 1 Rp 11.900/kg, IR 2 Rp 9.800/kg. Gula pasir Rp 12.000/kg, minyak goreng kemasan botol Rp 14.200/ liter, curah Rp 11.000/kg. Daging sapi Rp 120.000/kg, tepung terigu Rp 8.900/kg.

Harga sayuran cabai merah keriting Rp 24.000/kg cabai merah besar Rp 23.000/kg, cabai rawit Rp 24.000/kg, bawang merah Rp 28.000/kg dan bawang putih Rp 24.000/kg. Dari pantauan di pasar tradisional, ada kenaikan pengunjung atau konsumen, terutama untuk mempersiapkan makan sahur dan buka puasa. ”Jenis barang yang banyak diminati selain buahbuahan, kolang-kaling, gula jawa, gula pasir, juga telur dan daging ayam serta terigu,” kata pedagang sembako Marjono. (Awa)