8 Tanda pada Tangan Ini Jelaskan Kesehatan Anda

Foto: Okezone

Bentuk, fungsi, dan penampilan tangan dapat menginformasikan bila ada sesuatu yang tidak bekerja dengan baik. Malah terkadang ada petunjuk prognostik dan diagnostik yang penting dari tangan. Melansir Health, Rabu (16/5/2018) inilah beberapa kondisi kesehatan yang dapat dilihat dari tangan.

Genggaman tangan lemah

Kekuatan genggaman tangan terkadang menjelaskan pribadi seseorang. Namun jabat tangan lemah bisa menjadi tanda kesehatan yang memburuk. Menurut ulasan pada 2016 di International Journal of Cardiology, kekuatan cengkeraman yang menurun ditambah dengan gaya berjalan lambat dapat menandakan risiko kematian yang lebih tinggi karena penyakit jantung. Sebuah penelitian terbaru menyatakan jabat tangan yang lebih kuat bisa menjadi pertanda fungsi dan struktur jantung yang sehat.

Timbul benjolan merah atau lecet

Alergi nikel terkadang menimbulkan ruam merah di tangan atau pergelangan tangan. Kadang-kadang ruam itu menjadi melepuh dan berdarah. Alergi nikel dapat disebabkan oleh beberapa benda yang menyentuh tangan seperti gelang, jam tangan, cincin, dan bahkan ponsel. Makanan seperti kacang, cokelat, kacang tanah, kedelai, oatmeal, dan granola juga mengandung nikel yang cukup tinggi.

Mati rasa atau geli

Kesemutan pada tangan sering terjadi ketika pergelangan tangan ditekuk terlalu lama. Gerakan ini menekan saraf median sehingga membuat tangan menjadi mati rasa. Tapi ada banyak alasan lain untuk mati rasa dan kesemutan. Misalnya, mengalami hiperventilasi karena merasa cemas. Mati rasa juga bisa menjadi penanda stroke.

Tremor

Trigger finger

Pernahkah Anda mengalami kesulitan untuk menggerakkan jari? Kondisi ini dikenal dengan istilah trigger dan lebih sering terjadi pada perempuan. Trigger yang terkadang terjadi pada jari manis atau jempol disebabkan karena tendon meradang sehingga sulit untuk bergerak. Pemicunya bisa karena radang sendi, penyakit tiroid, dan diabetes.

Timbul benjolan merah yang dipenuhi nanah

Ruam merah yang terjadi di tangan bukan hanya disebabkan oleh alergi tapi bisa juga karena psoriasis. Psoriasis adalah kondisi autoimun kronis yang menyebabkan kerak berwarna merah pada permukaan kulit dan dapat muncul di tangan atau kuku. Kerak itu perlahan bisa menjadi benjolan merah yang dipenuhi nanah. Psoriasis berkaitan dengan banyak penyakit seperti arthritis dan penyakit kardiovaskular.

Jari berwarna putih, biru, atau merah

Jika jari berwarna pucat dan kemudian berubah menjadi biru, ungu, atau hitam di saat udara dingin atau pikiran sedang stres, bisa jadi Anda memiliki Raynaud's. Kondisi ini menyebabkan hilangnya aliran darah ke jari atau jari kaki untuk sementara. Raynaud's dapat membuat jari menjadi mati rasa, dingin, atau timbul rasa nyeri. Saat darah sudah mengalir kembali, jari akan berwarna merah lagi.

Tremor

Pernahkah Anda mengalami guncangan pada tangan atau dikenal dengan istilah tremor? Jika iya, kondisi itu bisa menjadi tanda penyakit neurologis. Tremor bisa terjadi karena kurang tidur, terlalu banyak minum kopi, mengonsumsi obat-obatan tertentu, atau berhenti mengonsumsi alkohol. Tremor terbagi menjadi beberapa macam di antaranya tremor fisiologis dan tremor esensial. Tremor juga bisa menyebabkan penyakit Parkinson.

Cek tangan

Ujung jari berwarna ungu

Benjolan yang menyakitkan dan berwarna merah atau ungu di ujung jari bisa menandakan seseorang terkena endokarditis yang disebabkan oleh infeksi bakteri pada katup jantung. Endokarditis juga dapat menyebabkan perdarahan di bawah kulit telapak tangan, meninggalkan bintik-bintik ungu atau coklat, serta pendarahan di bawah kuku atau di kulit dekat kuku.

Nyeri, kaku, dan bengkak pada tangan

Penyakit-penyakit seperti rheumatoid arthritis, psoriatic arthritis, lupus, radang pembuluh darah, penyakit jaringan ikat (scleroderma), penyakit kulit dan otot, atau bahkan radang usus dapat menimbulkan rasa nyeri pada tangan, kekakuan, dan bengkak. Kondisi ini biasanya memengaruhi lutut dan pergelangan kaki. (*)

Tulis Komentar Anda