Selama Ramadhan, ASN Sleman Pulang Lebih Awal

Ilustrasi. Foto: Dok

 

SLEMAN (KRjogja.com) - Memasuki bulan puasa, jam kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Sleman berubah. Kebijakan ini mengacu pada Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Nomor 336 tentang penetapan jam kerja selama Ramadan.

Untuk ASN di lingkungan Pemkab Sleman diatur menjadi dua. Bagi instansi yang memberlakukan lima hari kerja, jam masuk PNS tetap sama, yakni pukul 07.30 WIB. Senin-Kamis, ASN dapat pulang mulai pukul 14.30 WIB dan Hari Jumat pukul 13.30 WIB. Khusus hari Jumat ada waktu istrirahat selama satu jam, pukul 11.30-12.30 WIB. 

Sedangkan untuk instansi yang memberlakukan enam hari kerja, dari Senin-Sabtu jam masuknya tetap saja, yakni pulul 07.30 WIB. Perbedaan ada pada jam pulang kerja. Senin-Kamis hingga pukul 13.30 WIB, Jumat pukul 11.00 WIB dan Sabtu pukul 12.30 WIB.

"Bagi instansi yang memberlakukan sistem kerja <I>shift<P>, pimpinan instansi dapat mengatur lebih lanjut. Sepanjang tidak mengurangi efektifitas pelayanan publik," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Sleman Sumadi dalam Surat Edarannya yang ditujukan kepada ASN Sleman.

Dalam surat edaran tersebut, Sekda juga berpesan kepada ASN di lingkungan Pemkab Sleman dapat saling menjaga atau memelihara semangat toleransi dan kerukunan hidup antar umat beragama serta tidak menampakkan secara mencolok kegiatan makan, minum dan merokok.

Bupati Sleman Sri Purnomo berharap, selama bulan puasa ini pelayanan publik dapat berjalan dengan optimal. Karena menurutnya, tidak ada perbedaan yang berarti. Jika hari biasa ada jam istirahat, maka saat bulan puasa tidak ada istirahat. "Harapannya kita dapat saling menghormati satu sama lain. Pelayanan publik tetap berjalan optimal," ujarnya, Rabu (16/5). (Awh)

Tulis Komentar Anda