Tangkal Terorisme, Wartawan Pati Luncurkan Baret

Suasana FGD forum wartawan Pati, Rabu (16/5) di TPA Sukoharjo. (foto / Alwi Alaydrus)

PATI, KRJogja.com - Munculnya berbagai kasus terorisme dan kejahatan kemanusiaan, menginspirasi wartawan Pati dengan Kapolres, Kodim 0718 dan Paguyuban Perangkat Desa (Pasopati) untuk melahirkan organisasi Barisan RT (Baret). Organisasi baru bernama Baret, selain membantu menciptakan keamanan dimulai dari tingkat rukun tetangga. 

Gagasan pendirian Baret muncul pada saat dilaksanakan Focus Grup Discution (FGD) yang digelar Forum Wartawan Pati di TPA Sukoharjo, Rabu (16/5). Tampil sebagai narasumber Kapolres AKBP Uri Nurtanti, Dandim 0718 Letkol Arm Arief Darmawan, Ketua Pasopati Dwi Toto, pajar hukum Agung Widodo SH MH dan Kabag Humas drs H Rasiman MM.

"Rencana pendirian organisasi Baret ini akan sangat membantu tugas Polri dan masyakat" kata Kapolres Pati, AKBP Uri Nurtanti Istiwidayati, SIK MSI.

"Kita ingin menciptakan Pati yang aman" tegas Komandan Kodim 0718 Pati, Letkol Arm Arief Darmawan SSOs.

Sebelumnya Ketua Pasopati, Dwi Totok menyatakan siap memasyaratkan organisasi Baret di semua desa. "Namun anggaranya belum ada, karena tidak muncul di nomenklatur pemdes" ujarnya.

Kabag Humas Pemda, drs H Rasiman MM berpendapat jika anggaran Baret dan kegiatan Babinsa serta Babinkamtibmas di desa, bisa dimasukan ke dalam APBDes. "Itu syah secara hukum" tegasnya. (Cuk)

Tulis Komentar Anda