DIY Editor : Ivan Aditya Rabu, 16 Mei 2018 / 16:16 WIB

Dangdutan Meriahkan Padusan Tirta Tamansari

BANTUL, KRJOGJA.com - Kehadiran musik dangdut memberi daya tarik tersendiri dalam tradisi padusan di Taman Wisata dan Kolam Renang Tirta Tamansari Bantul, Rabu (16/05/2018). Karena selain berenang, masyarakat juga dapat menyanyi dan berjoget bersama.

Direktur Pengembangan Taman Wisata dan Kolam Renang Tirta Tamansari Bantul, Dyah Heningtyas Noviani SH mengatakan untuk itu pihak pengelola menghadirkan musik dangdut atau elekton dari Endang Kharisma Entertain dan Joe Hamsyah. "Setidaknya ada empat penyanyi kami hadirkan untuk memberi hiburan kepada para pengunjung," ujar Novi, panggilan Dyah Heningtyas Noviantoro SH kepada KRJOGJA.com disela-sela padusan.

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

Disebutkan padusan adalah suatu budaya di masyarakat dalam rangka persiapan menjelang puasa Ramadan. Karena dalam menjalani puasa harus bersih jiwa dan raga salah satunya dilakukan padusan.

Untuk tradisi padusan di Tirta Tamansari Bantul ini ditargetkan mencapai 7.000 orang. Setelah padusan biasanya mandi besar dan dilanjutkan dengan ibadah lainnya seperti tarawih dan tadarus Al Quran. Sehingga untuk layanan pengunjung kami buka mulai pukul 09.00 sampai 17.00.

Sementara salah satu pengunjung, Basuki Rahmat (23) warga Krapyak Sewon Bantul mengaku sudah 3 tahun mengikuti padusan di Kolam Renang Tirta Tamansari. Sebelumnya padusan ia lakukan bersama teman-temannya di Pantai Parangtritis.

"Sekarang adanya larangan mandi di laut membuat padusan tak bisa dilakukan. Sehingga kali ini kami bersama teman-teman memiliki kolam renang untuk padusan," jelas Basuki. (Usa)