Hiburan Editor : Tomi sudjatmiko Rabu, 16 Mei 2018 / 19:24 WIB

DIMAKAMKAM DI KAMPUNG HALAMAN

Tak Hanya Pelawak, Gogon Seniman Multi Talenta

BOYOLALI, KRJOGJA.com - Suasana haru mengiringi prosesi pemakaman pelawak senior, Margono alias Gogon, pentolan grup lawak legendaris, Srimulat, di kampung halamannya di Dukuh Bukur Ireng, Desa Bendan, Kecamatan Banyudono, Rabu (16/05/2018). 

Proses pemakaman berjalan khidmat. Jenazah Gogon dilepas dari rumah duka diiringi ratusan pelayat, menuju pemakaman yang berjarak 400an meter. Almarhum dikebumikan di dekat pusara orang tuanya. Beberapa komedian lokal serta budayawan tampak hadir, salah satunya adalah Tukul Riyanto atau lebih dikenal sebagai Tukul Arwana. 

Presenter kondang itu mengaku secara personal cukup dekat dengan Gogon. Bahkan, saat pentas di luar negeri adalah teman sekamarnya. "Cukup sering saya sowan ke rumahnya dan sebaliknya. Anaknya mas gogon juga pernah ikut saya," kata Tukul. 

Tukul sendiri terakhir kali bertemu Gogon sekitar dua bulan lalu, saat para pelawak berkumpul di Jakarta.  Selain gaya nyentrik rambut berjambul dengan gestur tubuh yang khas dan lebih dikenal sebagai pelawak saja, almarhum Gogon merupakan seniman serba bisa dan multi talenta. 

Diceritakan Tukul, almarhum menguasai berbagai bentuk seni. Selain melawak, almarhum juga mahir menabuh kendang dan perangkat gamelan lain, pandai menyanyi, melukis, hingga menguasai ilmu pedalangan. "Ini bukan kehilangan, tapi semua milikNya dan sudah kehendakNya. Semoga keluarga yang ditinggalkan mendapat kekuatan dan tabah menerima ujian," sambungnya. (Gal)