150 Tenaga Kerja Wisata Ikuti Uji Kompetensi

Para peserta Pelatihan dan Uji Sertifikasi Kompetensi Pariwisata Tahun 2018 Kabupaten Kebumen. (Foto : Dasih)

KEBUMEN KRJOGJA.com - Berkembang pesatnya usaha kepariwisataan di Kebumen mendorong Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporawisata) Kebumen menargetkan para pelaku usaha di bidang tersebut memiliki sertifikat sebagai jaminan kredibilitas atas kinerja mereka.

"Sertifikat tersebut harus mereka peroleh melalui pendidikan keahlian dengan para pengajar yang berkompeten di bidangnya, baik teori maupun praktek. Mereka juga harus menempuh test tertulis, wawancara dan uji kompetensi," ungkap Kepala Disporawisata Kebumen, H Azam Fathoni MSi, saat penutupan Pelatihan dan Uji Sertifikasi Kompetensi Bidang Pariwisata Tahun 2018 Kabupaten Kebumen, di sebuah hotel di Jalan Pemuda Kebumen,  Selasa (15/05/2018) malam.

Kegiatan yang berlangsung sejak Senin (14/05/2018) tersebut diikuti oleh 150 tenaga kerja pada biro dan agen perjalanan wisata, kelompok sadar wisata, pengelola obyek wisata, hotel dan restoran di Kebumen.

"Narasumber dalam kegiatan pelatihan dan uji kompetensi tersebut berasal dari sebuah Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) di kota Semarang. Adapun metode pembelajaran berupa teori, diskusi, praktek 'cooking', 'making bed' dan 'guiding'," jelas Azam.

Pentingnya kepemilikan sertifikat bagi para pelaku usaha bidang pariwisata menurut Azam bisa tergambar dari kesan yang diperoleh para peserta kegiatan. "Selain menjamin kredibilitas mereka dalam bekerja, juga bisa meningkatkan produktifitas dan daya saing usaha mereka, mereka juga merasakan adanya peningkatan pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang sesuai dengan standar kompetensi yang dipersyaratkan," jelas Azam. (Dwi)

Tulis Komentar Anda