DIY Editor : Ivan Aditya Rabu, 16 Mei 2018 / 13:24 WIB

Sekolah Diminta Perbanyak Kegiatan Keagamaan Selama Ramadhan

YOGYA, KRJOGJA.com - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY meminta sekolah untuk mengisi kegiatan Ramadan dengan hal-hal yang bermanfaat. Seperti bakti sosial dan kegiatan keagamaan. Dengan cara tersebut, selain keimanan dikalangan siswa meningkat, bisa menciptakan suasana belajar yang kondusif selama bulan suci Ramadan.

”Supaya Ramadan tahun ini lebih bermakna, alangkah baiknya apabila sekolah memperbanyak kegiatan keagamaan. Tentunya kegiatan tersebut harus disesuaikan dengan kondisi anak yang cukup beragam. Sehingga anak bisa melaksanakan ibadah secara khusyuk dan tetap semangat dalam belajar,” kata Kepala Disdikpora DIY, Drs K Baskara Aji.

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

Baskara Aji mengatakan, supaya siswa bisa menyiapkan diri dan menjalankan ibadah secara maksimal, siswa diberi kesempatan untuk belajar di rumah (libur awal Ramadan) mulai 16 sampai 18 Mei.Supaya liburan awal puasa terasa lebih bermakna Disdikpora DIY, meminta kepada siswa untuk memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Misalnya pada hari pertama Ramadan, alangkah baiknya apabila anak mengisinya dengan kegiatan positif.

”Begitu pula dengan orangtua, saya minta mengkondisikan kesempatan libur untuk mempersiapkan Ramadan dengan sebaik-baiknya. Bukan justru mengisi liburan dengan hal-hal yang kurang baik. Supaya semua itu bisa diwujudkan, Disdikpora DIY minta kepada keluarga untuk mengarahkan dengan sebaik-baiknya,”terangnya.

Lebih Baskara Aji menambahkan, bagi para guru yang tidak libur, karena mengikuti aturan ASN supaya tetap berada di sekolah. Sedangkan bagi kepala sekolah, supaya semua kegiatan bisa berlangsung dengan baik, diminta untuk mengkoordinir tugas para guru.

”Untuk kegiatan fisik yang berkaitan dengan olahraga perlu dikurangi. Jangan olahraga siang hari, termasuk memberikan kesempatan kepada anak untuk ibadah dengan sebaik-baiknya,” terangnya. (Ria)