Purworejo Sediakan 3.280 Kesempatan Kerja

Wabup Yuli Hastiti didampingi Sutrisno meninjau stand penyedia lapangan kerja. (Foto: Gunarwan)

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Gelar Purworejo Job Fair 2018 yang berlangsung di lapangan in door SMK Negeri 1 Kabupaten Purworejo menyediakan sekitar 3.280 kesempatan kerja bagi para pencari kerja. Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinnaker) Purworejo ini diikuti 30 perusahaan yang bergerak di berbagai bidang.

“Perusahaan yang kami undang benar-benar yang bisa menyerap tenaga kerja sesuai bidangnya. Seleksi juga akan dilakukan di tempat,” kata Kepala Disperinnaker Purworejo Drs Sutrisno MSi, Rabu (16/5/2018).

Jumlah kesempatan kerja ini menurut Sutrisno sangat memadahi, mengingat jumlah angka pencari kerja yang tercatat di dinas saat ini hanya sekitar 1.281 terdiri dari 674 laki-laki dan 607 perempuan. “Mereka mayoritas lulusan SMK/SMA/MA dari berbagai jurusan,” jelasnya.

Dalam kegiatan Job Fair yang dibuka Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH ini lanjut Sutrisno, diikuti 30 perusahaan dari wilayah Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jakarta, diantaranya menyediakan kesepatan kerja di bidang otomotif, elektronik, tekstil, garmen, kesehatan, perbankan dan lainnya termasuk perusahaan pengerah tenaga kerja Indonesia swasta (PPTKIS).

Diakui, kegiatan ini memiliki dampak yang cukup signifikan dalam penyerapan tenaga kerja. Bahkan tahun lalu dalam kegiatan yang sama berhasil menyerap 719 tenaga kerja, dan dalam kurun waktu satu tahun 2017 terserap sekitar 2.080 tenaga kerja. “Termasuk diantaranya 1.026 tenaga kerja yang bekerja di luar negari,” jelasnya.(Nar)

Tulis Komentar Anda