Jateng Editor : Danar Widiyanto Rabu, 16 Mei 2018 / 11:10 WIB

Kenalkan Kopi Temanggung, Ini yang Dilakukan Dinas Penanaman Modal

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Temanggung bekerja sama dengan komunitas Selapanan Kopi menyelenggarakan "Seribu Cup Kopi Gratis" untuk mempromosikan kopi Temanggung.

"Kegiatan ini bagian dari pengenalan kopi Temanggung kepada masyarakat, terutama warga Temanggung," kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Temanggung Bagus Pinuntun di Temanggung, Rabu (16/5/2018).

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

Bagus Pinuntun menuturkan bahwa komunitas Selapanan Kopi para pemilik kedai kopi) sehingga bahan baku dalam kegiatan kopi gratis ini dari mereka.

Kegiatan yang digelar di kawasan city walk, tepatnya di depan Kantor DPMPTSP Kabupaten Temanggung ini diminati masyarakat.

Kepala Bidang Pengembangan dan Promosi Investasi DPMPTSP Kabupaten Temanggung Iwan Siswanto mengatakan bahwa kopi Temanggung sangat luar biasa, baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Dalam 3 tahun terakhir ini, banyak masyarakat menekuni industri kopi.

"Melihat dari sisi tersebut maka harus didukung supaya kopi Temanggung berjaya. Oleh karena itu, DPMPTSP berkomitmen untuk menginisiasi adanya perizinan, termasuk perizinan untuk industri kopi supaya mereka berkesempatan bisa memasarkan kopi dengan jangkauan lebih luas. Salah satu syaratnya adalah tertib izin yang komplet seperti SIUP, TDP, dan sebagainya," kata Iwan Siswanto.

Sejak 2 bulan lalu, pihaknya telah memfasilitasi para pelaku usaha kopi untuk mengurus izin. Acara ngopi gratis sekaligus untuk mengedukasi agar masyarakat mengetahui nikmatnya dan bangga minum kopi Temanggung. Intinya, baik petani, pengusaha, maupun pemerintah harus bersinergi. (Mud)