Mahasiswa FT Unissula Belajar 'Pembangunan' MRT Jakarta

Suasana seminar tentang Pembangunan MRT Jakarta (Foto Ist)

SEMARANG, KRJOGJA.com- Fakultas Teknik (FT) Unissula menggelar seminar pakar dengan narasumber Rudyatmoko Gondo Suryono ST MT dari PT MRT Jakarta di kampus setempat, akhir pekan lalu.

Menurut Rudyatmoko menyatakan proyek MRT Jakarta dibangun untuk menekan angka kemacetan dan meningkatkan angka produktivitas masyarakat. Moda transportasi ini sangat ideal untuk kota Jakarta sebagai ibu kota negara yang sangat kompleks dengan kemacetan, dan kesibukan masyarakat.

"MRT Jakarta ini menjadi loncatan sangat signifikan dalam dunia transportasi Indonesia. MRT yang di bangun dibawah jalan raya yang sudah ada. Lorong MRT dibangun menggunakan alat dan sistem sangat canggih dengan memanfaatkan alat tunnel boring machine (TBM) yang mata bornya bisa mengeluarkan air agar tanah menjadi lunak. Juga, cutter heat TBM yang berada di bagian depan bisa berputar secara simultan dan akan menggerus tanah secara berlahan” ujarnya.

Selain teknis pengerjaan, mahasiswa mendapatkan wawasan bahwa proyek jenis ini menggunakan jenis kontrak internasional. Dari bekal seminar ini harapannya mahasiswa fakultas teknik mendapatkan manfaat dan ilmu yang memberikan manfaat di kemudian hari. (sgi)

Tulis Komentar Anda