Jangan Bohongi Rakyat, Janji Kampanye adalah Hutang

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahyo Kumolo.

SALATIGA, KRJOGJA.com - Janji kampanye dari seorang kepada daerah bupati/walikota dan terpilih merupakan hutang yang harus dilunasi dan diprioritaskan. Jangan sampai janji-janji tersebut tidak diwujudkan sehingga menjadi bumerang dan hutang politik kepala daerah kepada warganya.

Pernyataan ini ditegaskan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahyo Kumolo saat memberi pembinaan kepada aparatus sipil negara (ASN) di Gedung Setda Kota Salatiga, Selasa (15/05/2018).

“Janji kampanye Walikota dan Wakil Walikota Salatiga yang saat ini menjabat adalah merupakan hutang yang harus dilunasi dan jangan diciderai. Jangan sampai menjadi hutang politik terhadap rakyatnya,” tandas Tjahyo Kumolo.

Terkait masalah ini, Sekda Kota Salatiga sebagai tangan panjang dari Walikota dan Wakil Walikota Salatiga harus mampu menjabarkan dan menerjemahkan kepada OPD di bawahnya sampai ke tingkat bawah lurah dan camat.

Pergantian pejabat dari sebuah jabatan menurut Tjahyo apabila memang mendesak dan perlu penggantian tidak usah menunggu lama sampai tahunan. Bila diperlukan mendadak pejabat yang bersangkutan bisa diganti karena tidak bisa bekerja dan tidak memiliki loyalitas dalam melayanani masyarakat.

“Bila perlu dan mendesak satu bulan menjabat diganti tidak apa-apa demi kebaikan pelayanan publik kepada masyarakat. Sekda tolong jabarkan dan terjemahkan kebijakan walikota dan wakil walikota di janji kampanye. Catat dan lakukan. Ingat juga harus membuat perencanaan serta penganggaran yang baik sehingga terlaksana janji kampanye tersebut,” tandas Mendagri.

Terkait dengan penataan birokrasi di daerah, Mendagri mengingatkan agar menempatkan sumber daya manusia (SDM) yang tepat. Tjahyo mengungkapkan jangan sampai Direktur Rumah Sakit yang diajukan tidak berkompeten.

“Pernah ada pengalaman dari daerah usulan ke kami, pengisian jabatan direktur sebuah rumah sakit yang diajukan pejabatnya adalah sarjana agama. Ini contoh pengajuan ke kami yang tidak tepat,” tandasnya.(Sus)

 

Tulis Komentar Anda