Gaya Hidup Agregasi    Selasa, 15 Mei 2018 / 15:54 WIB

7 Langkah Cegah Gagal Jantung Sejak Dini

SALAH satu icon pelawak Indonesia, Margono, atau yang dikenal dengan nama panggung Gogon Srimulat meninggal dunia hari ini, karena penyakit jantung. Selain Gogon, Bupati Tegal Ki Enthus juga meninggal dunia karena penyakit gagal jantung.

Penyakit ini sebenarnya terjadi saat jantung tidak dapat memompa cukup darah dan oksigen ke otot dan organ Anda. Penyakit ini sebenarnya dapat dicegah dengan menjalani gaya hidup sehat sejak muda.

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

Gagal jantung menjadi satu penyakit mematikan yang jarang disadari banyak orang. Pada kasus tertentu, penyakit ini dapat melemahkan otot dan membuat jantung bekerja lebih keras. Seiring bertambah usia, seseorang mudah mengalami gagal jantung. Itu karena kondisi organ jantung mulai melemah dan adanya gangguan lain.

Seperti adanya faktor tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit arteri koroner, serangan jantung di masa lalu, terlalu gemuk, serta hal lainnya seperti minum terlalu banyak alkohol, merokok, dan menggunakan obat-obatan terlarang. Tanpa disadari faktor tersebut juga memicu gejala kerusakan organ hati.

Di sisi lain, seseorang dapat juga menderita penyakit gagal jantung karena ras, cacat jantung dan faktor usia. Peluang ini lebih besar didapatkan saat seseorang tidak peduli dengan dietnya dan jarang olahraga setiap hari.

Agar Anda tidak menderita gagal jantung di masa tua nanti, sebaiknya lakukan 7 langkah berikut. Simak ulasannya, dilansir WebMD, Selasa (15/5/2018).

1. Tetaplah menjaga berat badan Anda supaya tetap ideal. Kontrol pola makan Anda sesuai kebutuhan kalori tubuh dalam kehidupan sehari-hari. Hindari makanan cepat saji, kurangi makan nasi putih, dan trik lainnya yang bisa membuat berat badan cepat meningkat.

2. Olahraga setiap hari sangat wajib dilakukan oleh siapa saja. Minimal lakukan kegiatan sehat ini minimal 30 menit. Pilih juga olahraga kardio yang menyenangkan, seperti bersepeda, berenang, jogging, dan sebagainya.

3. Makanlah buah dan sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak. Makanan ini diklaim ampuh menjaga serangan penyakit gagal jantung. Rajin-rajinlah konsumsi makanan sehat itu sejak usia muda.

4. Batasi konsumsi makanan yang mengandung lemak jahat, tambahan gula berlebih, makanan asin, serta minuman beralkohol. Makanan ini memicu obesitas dan mengganggu metabolisme Anda. Dalam jangka panjang, dampaknya bisa menyebabkan penyakit jantung bagi siapa saja.

6. Anda harus cerdas mengelola stres, sebab faktor yang satu ini bisa membuat penyakit jantung kambuh. Lakukan kegiatan yang menyenangkan untuk meminimalisir gagal jantung yang bisa mengganggu kualitas hidup Anda.

7. Tidur yang cukup sangat penting dilakukan untuk mengistirahatkan tubuh. Jangan sering begadang karena bisa merusak kekebalan tubuh dan mengganggu metabolisme. Lama-lama jika dibiarkan, dampaknya bisa memicu gagal jantung yang kini dialami banyak kalangan. (*)