Peristiwa Editor : Danar Widiyanto Selasa, 15 Mei 2018 / 13:10 WIB

Dua Terduga Teroris Ditangkap di Palembang, 6 Lainnya Masih Buron

PALEMBANG, KRJOGJA.com - Dua terduga teroris yakni Hery Hartanto alias Abu Rahman, 38, dan Hengky Satria alias Abu Ansor, 39, yang ditangkap di Palembang, Senin (14/5/2018) petang, berencana hendak melakukan penyerangan.

Menurut pengakuan keduanya, mereka menganut aliran salafi dan diduga masuk jaringan JAD (Jemaah Anshorut Daulah).

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

“Dari pengakuan awal, mereka mau berbuat amaliah di Mako Brimob Kelapa Dua,” beber Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara seperti tertulis dalam keterangannya kepada media, Selasa (15/5/2018).

Namun, rencana tersebut berhasil digagalkan. “Ketika ditangkap memang tidak ditemukan barang bukti mencurigakan. Namun, pahamnya yang kita curigai, terindikasi ke arah situ,” tutur Kapolda.

Hingga saat ini, Polda Sumsel masih memburu enam terduga teroris yang masih berkeliaran. Mereka yang buron termasuk dalam jaringan JAD yang bermarkas di Jawa Barat.

“Keenamnya lolos dalam penggerebekan di wilayah Muara Enim, beberapa bulan lalu,” ungkapnya.

Nah, gerak-gerik mereka ini diikuti anggota Densus 88 dan Polda sejak dari naik ojek dari pool bus Putra Pelangi Jl Soekarno-Hatta hingga ke Pasar Km 5.

Posisi mereka masih dilacak, tapi dipastikan masih ada di wilayah Sumsel. Dikhawatirkan, kalau tidak segera ditangkap, akan jadi lone wolf alias pelaku teror tunggal. Tapi, bukan tidak mungkin masing-masing merekrut anggota baru.(*)