Pendidikan Editor : Tomi sudjatmiko Senin, 14 Mei 2018 / 20:52 WIB

DR Wisnu Untoro Guru Besar UNS

SOLO, KRJOGJA.com - Dr Wisnu Untoro MS, staf pengajar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo meraih gelar Guru Besar bidang bidang Manajemen Strategik. 

Wakil ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Klaten ini akan dikukuhkan sebagai Guru Besar 12 FEB oleh rektor Prof Dr Ravik Karsidi MS, Selasa (15/5).

Prof Wisnu sebelumnya menyampaikan orasi tentang Kepublikan, koneksi eksternal dan kinerja organisasi. Ketua Pengurus Daerah Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Surakarta ini banyak menyoroti adanya perusahaan yang banyak dimiliki kalangan politikus maupun militer. Atau perusahaan yang sudah ada di tengah masyarakat merekrut politikus atau militer.

Adanya koneksi eksternal ini ternyata tak menjadi jaminan meningkatnya kinerja perusahaan. "Ketika posisi polikus goyah, sangat dimungkinkan mempengaruhi. Jadi rentan," kata Prof Wisnu, Senin (14/5). Sementara ada juga perusahaan yang merangkul kekuatan sosial yang ada di masyarakat. Efektif mana merekrut kalangan politik dengan kekuatan sosial, ia belum bisa memberikan jawaban pasti.

"Untuk mengetahui mana yang paling efektif perlu ada penelitian lagi," kata mantan Dekan FEB itu. 

Bapak tiga anak dengan isteri Sri Wahjuni meraih gelar Guru Besar, menjelang menghadapi masa pensiun. Ia adalah staf pengajar senior di FEB UNS yang ikut membesarkan program Magister Manajemen (MM). (Qom)