Kena Hypotermia , Pendaki Gunung Slamet Meninggal

Tim SAR mengevakuasi korban (Istimewa)


PURBALINGGA KRJOGJA.com - Dimas Permana Putra (30), warga Kelurahan Brengkelan, Purworejo, tewas saat mendaki Gunung Slamet, akibat terkena hypothermia (kehilangan panas tubuh). Korban sempat dilarikan ke Puskesmas Karangreja, Kecamatan Karangreja, Purbalingga, Minggu (13/05/2018).

Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purbalingga Mukhsoni menjelaskan pendaki tersebut memulai pendakian dari jalur  Dukuh Bambangan Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Purbalingga pada Kamis (10/5).  

Dimas, kata Mukhsoni mengaku sempat mengalami pusing kepala. Kondisi tersebut terjadi pada saat dia bersama rekannya berada di pos lima dalam perjalanan turun.
"Dimas dipaksa berjalan turun hingga pos satu. Sesampai di pos satu Dimas sudah tak sadarkan diri,” tuturnya.

Tim Search and Rescue (SAR) yang datang ke pos satu mendapati kondisi Dimas yang sudah tidak ada denyut nadinya. Tim SAR membawa ke Puskesmas Karangreja. Hasil pemeriksaan di Puskesmas menunjukkan Dimas sudah meninggal dunia. Ada kemungkinan korban mengalami hipotermia.  "Pendaki tersebut memiliki riwayat penyakit asma,” ujar Mukhsoni.

Hingga Minggu malam jenazah pendaki tersebut berada di kamar mayat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Purbalingga.  Jenazah rencananya akan diambil oleh pihak keluarga.  (Rus)

Tulis Komentar Anda