Anda Harus Punya Stok Lidah Buaya, Ini Alasannya

Foto: Okezone

MEMASAK merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan dan kini sudah mulai digandrungi oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Ada sebuah kepuasaan tersendiri ketika hasil masakan disukai oleh suami, keluarga, atau teman-teman kantor.

Sayangnya, masih banyak yang tidak menyadari betapa berbahayanya dapur rumah jika tidak dibersihkan dan ditata secara rapi. Apalagi jika Anda sering menggunakan beberapa alat masak yang harus dipanggang pada suhu tertentu. Alih-alih ingin membuat hidangan lezat, tak sedikit orang yang terkena luka bakar karena tidak berhati-hati saat proses pengolahan makanan sedang berlangsung.

Jika sudah demikian, langkah pertama yang sering dilakukan adalah membuka internet untuk mencari obat paling ampuh untuk menyembuhkan luka bakar. Benar bukan?

Jawabannya ternyata sangat sederhana dan mudah didapatkan yakni, lidah buaya. Tanaman herbal ini dipercaya dapat menyembuhkan luka bakar ringan yang disebabkan oleh ‘kecelakaan’ saat melakukan aktivitas di dapur rumah.

Dilansir dari Food & Wine, Rabu (24/1/2018), lidah buaya merupakan obat alami untuk menyembuhkan luka bakar ringan. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh University of Michigan, tanaman ini memiliki senyawa aktif yang dapat membantu mengurangi rasa sakit, pembengkakkan, serta memperiki kulit yang terbakar.

Gel lidah buaya juga memiliki kemampuan khusus untuk menghidrasi, dalam arti lain Anda akan melihat tekstur dan elastisitas kulit membaik ketika telah diberikan lidah buaya secara rutin. Bahkan, salah satu studi menunjukkan bahwa rata-rata pasien yang terkena luka bakar ringan tingkat kesembuhannya cenderung lebih cepat 9 hari, dibandingkan pasien yang tidak mengoleskan gel lidah buaya pada luka mereka.

Untuk membuat gel tersebut, Anda hanya perlu memeras lidah buaya secara perlahan hingga cairan bertekstur kental terlepas dari kulit lidah buaya. Setelah itu, gunakan gunting tajam untuk memotong daun lidah buaya. Lalu belah menjadi dua bagian, kemudian tempelkanlah kulit lidah buaya dan sisa dagingnya ke bagian kulit yang terbakat.

Rasa perih mungkin akan mulai terasa menyakitkan ketika kulit lidah buaya menempel erat. Tapi jangan buru-buru di lepas dulu, biarkan luka bakar menyerap nutrisi yang dikeluarkan lidah buaya selama beberapa jam. (*)

Tulis Komentar Anda