Gaya Hidup Agregasi    Sabtu, 19 Mei 2018 / 09:05 WIB

Olahraga saat Bulan Puasa, Yuk Coba Terapkan!

BICARA soal gaya hidup sehat, tentu selalu berkaitan dengan olahraga. Bagi anak milenial, tujuan olahraga kini tak hanya ingin memiliki tubuh bugar, tapi juga dianggap sebagai gaya hidup yang perlu dilakoni.

Termasuk di bulan puasa, bukan berarti aktivitas olahraga harus dikurangi. Faktanya, berolahraga saat bulan puasa jika dilakukan dengan baik, akan sangat bermanfaat bagi tubuh. Pendapat itu dikemukakan oleh ahli kecantikan dan kesehatan dari QNET, Sunny Shaper.

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

“Jika dilakukan dengan benar, hasilnya akan mengejutkan Anda. Ramadan adalah soal disiplin dan menekan ego. Karena itu, penting juga untuk berlatih atau berolahraga di bulan puasa,” kata Shaper, mengutip dari KhaleejTimes, Sabtu (12/5/2018).

Ia menambahkan, berolahraga selama bulan puasa berbicara soal mentalitas. Anda harus lebih banyak mendengarkan apa kata tubuh untuk mengetahui sejauh mana aktivitas yang bisa dilakukan. Jika Anda mengalami kesulitan saat berpuasa, ada baiknya menunda terlebih dahulu untuk berolahraga.

Terlebih bagi generasi milenial, olahraga yang baik dan dapat menjadi pilihan saat bulan puasa adalah jogging santai karena tidak terlalu banyak menguras tenaga. Sebisa mungkin hindari olahraga yang masuk kategori berat seperti sepakbola, futsal, bulu tangkis, dan bola basket.

Jogging dapat Anda lakukan setelah berbuka puasa. Sebab, tubuh sudah mendapatkan cukup energi setelah menahan lapar dan dahaga selama kurang lebih 13 jam. Jika ingin berolahraga sebelum berbuka puasa, Anda juga bisa jogging sekira 30 menit sebelum waktu berbuka.

Berolahraga di gym atau pusat kebugaran juga dapat menjadi alternatif lain bagi generasi milenial. Untuk yang satu ini, ada baiknya hindari latihan dengan intensitas tinggi yang membuat denyut nadi di atas 150 per menit, terutama jika belum berbuka puasa. Olahraga-olahraga lambat seperti bersepeda bisa dijadikan rutinitas dalam menjaga kebugaran selama berpuasa.

Untuk menjalankan rutinitas berolahraga selama bulan puasa, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Sebaiknya minum lebih banyak air ketika berbuka puasa dan sahur agar menjaga cairan tubuh. Anda juga tidak disarankan untuk langsung berolahraga setelah mengonsumsi makanan. Beri jeda waktu 2-3 jam bagi tubuh untuk mencerna makanan.

Ketika sudah merasa pusing, lebih baik segera berhenti berolahraga. Nah, untuk menjaga agar tubuh tetap fit untuk berolahraga, Anda bisa mengakalinya dengan mengonsumsi lebih banyak buah serta minuman berserat tinggi. (*)