DIY Editor : Agus Sigit Jumat, 11 Mei 2018 / 14:45 WIB

Merapi 'Batuk', BPBD Bantul Bagikan Ribuan Masker

BANTUL (KRJogja.com) - Ribuan masker dibagikan secara gratis oleh personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul disejumlah ruas jalan protokol di Bantul, Jumat (11/5). Langkah spontan tersebut diambil setelah hujan abu efek dari erupsi Merapi  mulai masuk sekitar pukul 11.00. Sementara terkait dengan fenomena alam itu, BPBD Bantul minta masyarakat tetap tenang dan bijak dalam bersikap.

Kepala BPBD Bantul, Drs Dwi Daryanto MSi mengatakan, hujan abu tersebut mulai terasa di Bantul  menjelang tengah hari. Setelah pukul 12.00, intensitas hujan abu semakin jelas  diseantero Bantul. “Kami melihat hujan abu yang terjadi itu semakin jelas, sehingga dengan pertimbangan kenyamanan dan kesehatan pengguna jalan akhirnya kami putuskan untuk membagikan masker kepada pengguna jalan,” ujar Dwi Daryanto. 

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

 

Baca Juga: 

Gunung Merapi Alami Letusan Freatik, BNPB Imbau Masyarakat Pakai Masker

Hujan Abu Mulai Selimuti Yogyakarta

Asap Merapi Bukan 'Wedhus Gembel', Masyarakat Tak Perlu Panik
 

Dwi menjelaskan, efek dari hujan ibu  salah satunya berdampak pada aspek kesehatan. Meski begitu dimungkinkan  peristiwa tersebut tidak akan berlangsung lama. Pembagian masker dilakukan di Jalan Bantul, Jalan Parangtritis, serta Ring Road Selatan.  

Terpisah Ketua Asosiasi Petani Tembakau Indonesia DIY, Sukro Nur Harjono mengatakan, hujan abu sekarang ini justru punya dampak positif terhadap pertanian tembakau. “Sekarang ini kan baru musim tanam, ini sebenarnya justru menguntungkan petani tembakau,” ujarnya.

Persoalan bakal muncul ketika hujan abu terjadi pada saat tembakau sudah masuk masa panen. Sementara Waka Kesiswaaan SMK 1 Pundong Bantul, Sutapa SPd mengatakan, setelah mengetahui abu sampai Bantul pihak sekolah cepat cepat memutuskan mambagikan masker. (Roy)