Pendidikan Editor : Danar Widiyanto Jumat, 11 Mei 2018 / 04:30 WIB

Mendidik Karakter, Ajak Anak Kenali Lingkungan

SLEMAN, KRJOGJA.com - Mengakhiri masa pembelajaran tahun ajaran 2017/2018, TPA KB PAUD TKIT Buah Hati Kita (BHK) Sidokarto Godean Sleman menggelar Wisuda Angkatan IV TK B yang dirangkai Outbond seluruh peserta didik di Dolan Deso Boro Banjarasri Kalibawang Kulonprogo, Kamis (10/5/2018).

"Pembelajaran di BHK memang tidak lepas dari kegiatan di alam terbuka. Beberapa kegiatan sengaja kami lakukan di luar ruangan sebagai upaya mendekatkan peserta didik dengan lingkungan," tutur Kepala TPA KB PAUD TKIT BHK Godean, Maryati SPd sela acara.

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

Terlebih sebagai sekolah Islamic dan inklusi, saat ini BHK Godean memiliki 16 siswa didik Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dari berbagai jenis disabilitas. Sehingga tema pembelajaran alam sangat baik untuk tumbuh kembang anak selain pembekalan keagamaan.

Terpisah, Ketua Yayasan Bahrul Ulum yang membawahi BHK Godean, Suyanto menjelaskan mulai tahun ajaran 2018/2019 pihaknya sudah mengoperasionalkan SDIT BHK secara perdana. Hal ini dikarenakan tingginya permintaan orangtua/wali agar BHK memiliki jenjang yang lebih tinggi lagi bagi siswa didik.

Dalam kesempatan tersebut, puluhan anak didik BHK Godean diajak berpetualang sekaligus belajar tentang dunia pertanian. Seperti halnya diperkenalkan dengan cara membajak sawah dengan kerbau, cara menanam padi dan lainnya. Termasuk melatih mental dan keberanian dengan sejumlah wahana air yang ada di lokasi. (Feb)