Kemenkeu Keluarkan Investasi SBR003, Begini Cara Belinya

Perwakilan Kemenkeu saat memberikan penjelasan SBR003 pada audience di Yogyakarta. (Foto: Harminanto)


SLEMAN, KRJOGJA.com - Pemerintah melalui Kementrian Keuangan kini mulai memperkenalkan investasi Surat Utang Negara (SUN) Retail Seri SBR003. Namun, apa sebenarnya keuntungan melakukan investasi di sektor tersebut dan bagaimana mendapatkan SBR003?

Choirul Adi, perwakilan Kementrian Keuangan pun menyampaikan alasan mengapa akhirnya pemerintah mengeluarkan jenis investasi SBR003 dalam sesi Edukasi dan Sosialisasi SUN Retail Seri SBR003 di Eastparc Hotel, Rabu (9/5/2018) malam. Choirul mengungkap SUN akhirnya dijual secara umum ke masyarakat Indonesia sebagai upaya perluasan investor dalam negeri sekaligus mewujudkan kedaulatan pembiayaan negara.

“Alasannya, posisi investor asing yang memiliki Surat Berharga Negara kita masih tinggi, dan masyarakat lokal masih 30 persen. Berbeda dari Jepang yang mencapai 90 persen sehingga tak terpengaruh intervensi asing. Harapannya ketika semakin banyak surat dimiliki investor dalam negeri maka negara kita mandiri tanpa tergantung asing,” ungkapnya.

Terkait keuntungan yang didapat, Choirul menjelaskan bahwa dari sisi keamanan investasi SBR003 dijamin oleh negara meskipun suku bunga menurun sekalipun. “Untuk keamanan sudah pasti, mau ganti presiden atau tidak kebijakan seperti apa juga tetap aman investasinya, suku bunga naik ikut naik tapi kalau turun tetap aman. Di sisi lain bisa berkontribusi untuk negara,” sambungnya.

SBN Seri003 sendiri bisa dibeli secara online mulai 14 Mei 2018 mendatang, salah satunya melalui platform investasi reksa dana online tanamduit. Rini Hapsari, CEO tanamduit pun mengungkap kemudahan serta keamanan berinvestasi SBR003.

“SBR merupakan instrumen investasi yang bisa dibilang zero risk, karena pembayaran pokok dan bunganya dijamin oleh negara. Produk ini cocok untuk semua tipe profil risiko nasabah, terutama yang memiliki profil risiko konservatif. Cara belinya cukup mudah dengan melakukan registrasi menyertakan data pendukung yang diminta. Nasabah perlu mendaftar untuk mendapatkan SID dan nomor rekening surat berharga. Setelah berhasil mendaftar, nasabah akan dikirimkan email berisi informasi mengenai SID dan nomor rekening surat berharga,” terangnya.

Melalui platform tanamduit, investor bisa melakukan transaksi pembelian produk SBR, mengamati serta menikmati keuntungan investasi yang dikirimkan ke rekening bank tiap bulannya. “Dengan sistem pembelian secara online ini, diharapkan dapat memudahkan masyarakat untuk berinvestasi di SUN Ritel khususnya SBR003 dan akhirnya mewujudkan masyarakat yang punya kesadaran berinvestasi,” pungkasnya. (Fxh)

 

Tulis Komentar Anda