BAGI DISABILITAS DI DEPOK DAN SOLO

Maybank Indonesia Dukung Program Pemberdayaan Ekonomi Berkelanjutan

istimewa

SOLO, KRJOGJA.com – Maybank Indonesia bersama Maybank Foundation, melaksanakan program pemberdayaan ekonomi berkelanjutan bagi komunitas penyandang disabilitas atau 'Reach Independence & Sustainable Entrepreneurship (RISE) di Solo, yang dipusatkan di Balai Rehabilitasi Sosial "Bhakti Candrasa", Surakarta, mulai 7 – 9 Mei 2018. 

Program ini merupakan lanjutan dari rangkaian program RISE pada bulan ini, yang sebelumnya dilaksanakan di Wiladatika Recreation Park, Kota Depok, mulai 2 – 4 Mei 2018. Program RISE bertujuan untuk membangun dan meningkatkan kapabilitas usaha mikro-UKM penyandang disabilitas sehingga dapat memberikan dampak positif bagi komunitas di sekitarnya. 

Melalui pelatihan 3 (tiga) hari para peserta penyandang disabilitas dibekali dengan pengetahuan pengelolaan keuangan, strategi pemasaran dan perubahan pola pikir (mindset). Dilanjutkan dengan program mentoring terstruktur kepada para penerima manfaat selama 3-6 (tiga-enam) bulan, para peserta akan didampingi mentor secara personal untuk meningkatkan pendapatan dan kapasitas usaha, yang pada akhirnya bertujuan meningkatkan taraf hidup para penyandang disabilitas.

Pelatihan RISE di Depok diikuti 30 penyandang disabilitas, sementara di Solo diikuti 80 penyandang disabilitas yang memiliki beragam lini usaha, mulai dari usaha warung makan, penjual toko kelontong, jasa potong rambut, penjahit, pengrajin tangan (keset karakter), penjual busana, peternak kambing, pedagang buah, usaha duplikat kunci serta ternak burung puyuh, bahkan di antara peserta juga ada yang belum memiliki usaha namun mempunyai keinginan kuat untuk membuka usaha kecil-kecilan.

Pelaksanaan program RISE di Depok dan Solo ini adalah rangkaian program untuk memberikan pelatihan kepada 2.200 penyandang disabilitas yang akan dilakukan hingga 2019 sedikitnya 13 kota di Indonesia, termasuk pelaksanaan pilot project di kota Jakarta dan Yogyakarta.  Selain di Indonesia, Program RISE telah diikuti lebih dari 1.300 peserta di Malaysia kemudian pada 2016 mulai dikembangkan ke regional, termasuk ke Indonesia dan Filipina.

CEO dari Maybank Foundation Shahril Azuar Jimin mengatakan,  melalui program RISE, Maybank Group turut mendukung upaya membangun komunitas berdikari, dengan menjangkau lebih banyak penerima manfaat dan berdampak positif bagi masyarakat, selaras dengan misi humanising financial services. 

"Program ini juga selaras dengan misi ASEAN dan lima sasaran United Naitons Sustainable Development Goals yaitu tanpa kemiskinan, pendidikan berkualitas, kesetaraan gender pertumbuhan ekonomi dan pekerjaan yang layak dan mengurangi kesenjangan.”

Berdasarkan survei Nottingham University Malaysia, dari awal implementasi program hingga Juli 2017, sebanyak 40% peringkat terbaik dari penyandang disabilitas yang mengikuti program ini, telah berhasil memulai atau meningkatkan kapabilitas usaha hingga 351,8%. (*)

 

Tulis Komentar Anda