KPU Kulonprogo Klarifikasi Pendukung Calon DPD RI

Ilustrasi

WATES (KRJOGJA.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kulonprogo pada 8 dan 9 Mei melakukan klarifikasi terhadap ratusan warga pendukung calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI. Nama yang diklarifikasi merupakan data limpahan dari KPU DIY, ada 539 nama warga Kulonprogo yang harus diklarifikasi.

"Ratusan nama itu adalah data pemilih yang belum lolos penelitian data, sehingga dilakukan klarifikasi ulang. Jumlah terbanyak yang harus diklarifikasi adalah di Kecamatan Sentolo, dan paling sedikit di Kecamatan Samigaluh. Klarifikasi antara lain terhadap status pekerjaan (ASN, TNI  Polri, Perangkat Desa dan Penyelenggara Pemilihan), usia, perbedaan tanda tangan, dan nama ganda," urai Ketua KPU Kulonprogo Muh Isnaini, Selasa (08/05/2018).

Isnaini menjelaskan, klarifikasi dilakukan guna memastikan warga itu benar-benar mendukung salah satu calon anggota DPD RI. Selanjutnya hasil klarifikasi  diserahkan kepada KPU DIY. "Dan KPU DIY akan melakukan rapat pleno, hasilnya nanti diserahkan kepada calon DPD agar secepatnya melakukan perbaikan maupun kelengkapan datanya," ujarnya.

Terpisah, Ria Harlinawati Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Kulonprogo mengingatkan, bahwa KPU Kulonprogo perlu kecermatan dalam pelaksanaan klarifikasi. "Kami juga akan mengawasi dan mengikuti seluruh proses klarifikasi data. Ini belum masuk proses verifikasi faktual (vertual), namun baru dalam rangka penelitian administrasi," kata Ria yang berharap klarifikasi dilakukan sesuai prosedur yang ada, termasuk warga ditemui langsung atau tidak. (Wid)

Tulis Komentar Anda