Jateng Editor : Agus Sigit Senin, 07 Mei 2018 / 19:31 WIB

Antisipasi Rawan Pangan, Kader PKH Ikuti Pelatihan Boga

PURWOKERTO,KRJOGJA.com – Untuk mengantisipasi terjadinya rawan pangan sekaligus untuk menanggulangi ketika terjadi rawan pangan kronis. Sebanyak 27 kader program keluarga harapan (PKH) mengikuti pelatihan olah boga, bertempat di SMK Mardikenya Purwokerto, Senin (7/4/2018). Pelatihan ini diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dinpertan-KP) Kabupaten Banyumas, selama tiga hari.

Kabid Ketahan Pangan pada Dinpertan-KP setempat, Didik Yuwanto, menjelaskan peserta pelatihan berasal dari desa/kelurahan yang potensial rawan pangan. "Tujuan pelatihan, menurut Didik, adalah untuk mengantisipasi terjadinya rawan pangan sekaligus untuk menanggulangi ketika terjadi rawan pangan kronis," kata Didik Yuwanto. 

Sesuai pemutakhiran basis data terpadu (PBDT) 2018, di Kabupaten Banyumas terdapat 84 desa atau kelurahan yang masuk kategori kesejahteraannya relatif rendah.

Untuk diketahui, upaya ketahanan pangan di negeri ini didasarkan pada optimalisasi pemanfaatan dan keragaman sumberdaya lokal. Berkaitan dengan itu, sedikitnya 27 peserta pelatihan akan diberikan ketrampilan dalam teknik pembuatan mokaf dan sekaligus praktik mengolah lebih lanjut untuk memenuhi kebutuhan makanan sehari-hari.

Materi yang diberikan meliputi resep dan tata cara membuat Ban Pizza Mokaf, Concase, Italian Pizza, Mie Mokaf, Bolu Gulung Mokaf, Brownes Pandan Mokaf, dan Naas Tart Mocaf.

“Bersama dengan Chef Ipawati Setyo Utami SPd, saya dipercaya untuk memberikan materi sekaligus membimbing peserta dalam praktik olah boga berbahan baku mokaf. Selama tiga hari para peserta kami bimbing secara langsung praktik di sini,” kata Chef Armi Bagus.

“Saya sangat senang bisa mengikuti pelatihan ini. Selain bertambah teman, juga memperoleh bekal ketrampilan yang bisa saya terapkan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Siti Rohani, peserta pelatihan asal Desa Pageraji Kecamatan Cilongok. (Dri)