Wisata Editor : Tomi sudjatmiko Senin, 07 Mei 2018 / 09:51 WIB

Wisata Pereng, Indahnya Alam Pedesaan

INGIN menikmati alam pedesaan, dan melihat bagaimana cara membuat gula merah atau gula jawa. Anda bisa mengunjungi Objek Wisata Pereng di Desa dan Kecamatan Cilongok, Banyumas atau 16 kilometer sebelah barat Kota Purwokerto.

Di objek wisata seluas 3 hektare, ada dua embung yang masing masing masing seluas 0,5 hektare, yang dilengkapi kolam renang, waterboom. waterpark.

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

"Dilokasi ini juga sedang dibangun wisata edukasi cara pembuatan gula merah, atau gula jawa yang dimulai dari mengambil nira di pohon kelapa, hingga proses pembuatan hingga jadi," kata Musbichun pengelola dan pemilik objek wisata Pereng kepada KRJOGJA.com Minggu (06/05/2018).

Menurutnya lahan yang disiapkan untuk wisata edukasi pembuatan gula merah atau jawa seluas satu hektare yang saat ini masih ditumbuhi ratusan pohon kelapa untuk diambil niranya. Dijelaskan alasan kenapa ada wisata edukasi pembuatan gula merah, karena 80 persen penduduk Kecamatan Cilongok berprofesi sebagai petani gula merah.

Selain wisata edukasi pembuatan gula merah, di objek wisata ini juga dilengkapi taman, lokasi outbond, dua embung yang dilengkapi sepeda air, dan perahu dan kolam renang.

Karena lokasi di desa, maka nuansa alam pedesaan masih alami, sehingga terasa sejuk dan indah. Selain itu di taman juga ada dilengkapi becak kecil yang diperuntukan untuk anak anak, sedang disekililingnya dilengkap rumah joglo dan gasebo untuk istirahat dan duduk wisatawan. 

Tiket masuknyapun sangat terjangkau hanya Rp 5 ribu. Guna memanjakan wisatawan yang datang ke lokasi ini juga makanan khas Banyumas, seperti mendoan, nasil pecel, tiwul, dan getuk.(Driyanto)