Mencari 'Pencerahan' di Artjog 2018

Sea Remember yang menyambut pengunjung Artjog 2018. (Foto: Harminanto)

YOGYA, KRJOGJA.com - Untuk kesebelas kalinya agenda seni kontemporer tahunan, Artjog resmi dibuka Jumat (4/5/2018). Selama satu bulan, 54 seniman dari beberapa negara seperti Indonesia, Jepang, Amerika, China, Filipina, Jerman dan Australia menampilkan karya yang mengarah pada tajuk Pencerahan (Enlightenment).

Memasuki venue utama Artjog di Jogja National Museum (JNM), penikmat seni bakal langsung disuguhi panorama bawah laut dengan warna-warni menarik. Karya yang kemudian diketahui berjudul Sea Remembers karya seniman Mulyana tersebut seolah ingin membawa pengunjung memasuki sebuah alam pencerahan.

Direktur Artjog, Heri Pemad bahkan tak segan mengungkap bahwa ide Sea Remembers dengan serangkaian rajutan berbentuk koral, terumbu karang dan sekumpulan ikan warna-warni mampu menuangkan gagasan pencerahan secara mendalam. “Mulyana menghadirkan sebuah permenungan atas hal yang kita takuti sebagai bentuk ketidaktahuan dan sekaligus mengajak menyelam lebih dalam memahami sesuatu tak hanya dari permukaan saja,” ungkapnya.

Kurator Karya Artjog 2018, Bambang Witjaksono menambahkan pemilihan seniman Mulyana sebagai headline Commision Artist Artjog memang sudah direncanakan sejak 2015 lalu. Seniman rajut tersebut dinilai punya kualitas di mana idenya terus berkembang dan memiliki kesan mendalam.

“Dia proses berkarya sangat detail dan memberdayakan 70 orang ibu-ibu di kampung daerah Yogyakarta seperti Sorogenen. Total 70 orang terlibat dalam pembuatan dan karya tersebut bagi dia dan komunitas yang ikut membantu adalah sebuah pencerahan,” sambungnya.

Sementara tahun 2018 ini total seniman mengalami penurunan dibanding 2017 menjadi 54 seniman. Namun, Bambang mengatakan bawasanya hampir semua karya merupakan yang terbaru dari para seniman.

“Karya lebih pada sebuah momen dengan segala macam prosesnya. Dimaknai secara personal, material kebiasaan berkarya atau isu yang sedang dia headline terkait sosial budaya dan lain-lain. Dari total 900-an seniman yang memasukkan karya, kami hanya pilih 12 karena lebih ingin intensif berdiskusi. Dan inilah hasilnya yang kami tampilkan di Artjog 2018,” ungkapnya lagi.

Artjog 2018 sendiri bisa dinikmati selama satu bulan mulai 4 Mei hingga 4 Juni 2018. Tiket masuk untuk pengunjung dibanderol dengan harga Rp 50 ribu. (Fxh)

Tulis Komentar Anda