'Susuh Manuk', Kuliner Tradisional Yang Uenaaak Tenan..

Makanan jenis susuh manuk mempunyai tampilan unik. (Foto: Sulistyanto)

ANEKA jenis makanan tradisional dengan tampilan unik dan cita rasa enak cukup beragam. Sebagian di antaranya juga mempunyai nama yang unik, misalnya <I>susuh manuk<P> dengan bahan baku menggunakan singkong.

Sejumlah ibu-ibu asal Pangukan Tridadi Sleman pun membuat makanan jenis ini untuk dijual di Pasar Ndelik kawasan Kampung Flory Sleman. Rencana akan dibuat setiap Minggu sesuai jadwal pasar tersebut dibuka. Selain jenis makanan susuh manuk masih ada juga jenis makanan tradisional lainnya.

“Yang jelas selain susuh manuk, kami menyediakan juga makanan tradisional lain seperti wajik dan jadah. Khusus jadahnya dapat memilih dengan menggunakan lauk tempe, tahu maupun gembus bacem,” ungkap Widyaningrum saat menjual beberapa makanan tradisional di Pasar Ndelik, belum lama ini.

Ditambahkan, bahan baku makanan jenis susuh manuk, yakni singkong diserut lalu dicetak menyerupai sarang burung  (susuh manuk) yang tak terlalu besar. Setelah dicetak lalu digoreng, selanjutnya bagian atas dari makanan ini dikombinasi bahan-bahan lain seperti irisan wortel, daging ayam, telur puyuh rebus dan selada. Sebagai tempat meletakan susuh manuk yakni wadah alami terbuat dari daun pisang.

“Selain biasa menjual makanan-makanan tradisional, kami juga siap menerima pesanan aneka jenis makanan,” jelas Gita Fitriana ikut menambahkan.

Sedangkan Sumarsih dan sejumlah rekannya menyediakan makanan unik bernama manuk enom. Ada yang menyebut makanan ini dengan nama bilang kue dan ada juga menyebutnya puding tanpa agar-agar. Namun yang jelas, kue basah ini tidak mengandung bahan tepung. Yang jelas juga tak ada hubungannya dengan hidangan berbau hewan unggas, baik burung maupun ayam. Makanan ini kental dengan rasa manis, lembut dan empuk.

“Makanan mirip puding ini menggunakan bahan seperti tape ketan hijau, gula, telur ayam, roti tawar dan susu sapi segar. Dengan kombinasi dan perbandingan bahan yang tepat dapat menghasilkan makanan dengan citarasa enak dan unik,” papar Marsih. (Yan)

Tulis Komentar Anda