HUT KE 23, WAYANGAN DI TMII

Pakuwojo Dorong Kemajuan Purworejo dari Perantauan

Wayang semalam suntuk Pakuwojo di TMII (Rini Suryati)

JAKARTA, KRJOGJA.com - Paguyuban Kulowarga Purworejo (Pakuwojo) dalam rangka HUT ke 23  menggelar acara Wayang Kulit semalam suntuk di Anjungan Yogyakarta Taman Mini Indonesia Indah baru-bau ini.

Ketua Umum Pakuwojo, Zainal Arifin menjelaskan kegiatan ini untuk melestarikan seni budaya Jawa agar tidak hilang termakan zaman yang sudah di masuki budaya-budaya barat.  Bahkan, Pakuwojo akan mempertahankan seni budaya kepada semua masyarakat, khususnya masyarakat Jawa agar tidak melupakan budaya dan adat istiadatnya," tutur Zaenal .

"Selama 23 tahun, Pakuwojo telah banyak memberikan kontribusi yang cukup besar dalam pembangunan daerah, Pakuwojo harus bersama-sama bersatu padu untuk melakukan kegiatan-kegiatannya sesuai dengan apa yang diharapkan oleh warga, khususnya yang tergabung dalam Pakuwojo. Perantau juga harus dapat membantu pemerintah dan masyarakat di daerah, baik dari segi materiil maupun non materiil. Dan sudah ada juga beberapa kawan-kawan dari Purworejo yang sudah bergabung dalam Pakuwojo yang pada acara Wayangan akan dilantik sekaligus," tambahnya.

Zainal menargetkan agar perkumpulan yang dipimpinnya itu berkembang sampai ke luar negeri. "Kita sekarang sedang mencoba untuk seluruh Indonesia, bahkan target saya sampai ke luar negeri, itu sesuai AD/ART,” jelas  Zainal.

Dia mengimbau kepada paguyuban lain dari Purworejo untuk ikut bergabung dalam Pakuwojo.  "Kami himbau untuk bergabung. Dalam arti, silakan masing-masing kreatif. Tapi kita mencoba bersama-sama untuk Purworejo,” katanya.

Ke depan, kata Zainal Pakuwojo juga berencana untuk membuka Pakuwojo Mall yang nantinya dapat digunakan untuk membantu petani yang mempunyai kreatifitas dibidang industri kecil maupun menengah. Bahkan Pakuwojo berencana akan membantu pemasaran secara online. "Saat ini kita lakukan secara bertahap. Mudah-mudahan Purworejo kedepan dapat semakin maju,” pungkasnya .(Ati)

Tulis Komentar Anda