Wisata Editor : Tomi sudjatmiko Sabtu, 28 April 2018 / 04:44 WIB

Kentang Kaliyan Puaskan Pecinta Kuliner Kekinian

TREN jajanan kekinian di Yogykarta saat ini terus berkembang dan selalu menarik perhatian berbagai kalangan terutama generasi muda. Memenuhi tuntutan inovasi kuliner kekinian, salah satu kuliner terbaru dengan variasi kentang goreng kini hadir di Yogyakarta.

Owner Kentang Kaliyan Panggah Pambudi mengatakan jajanan kekinian yang dirilis pada Akhir Bulan April ini akan memuaskan pecinta kuliner kentang goreng atau yang akrab disebut Fries. Namun, melakukan inovasi pada produknya tersebut kentang goreng akan dipadukan dengan beragam varian saus.

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

"Produk kentang Kaliyan sendiri menggunakan bahan kentang import dari Belgia, selanjutnya melalui dua kali penggorengan kentang akan ditambah homemade sauce khas KALIYAN sebagai topping, yaitu Special Cheese, Barbeque, Bolognese, dan Classic Mayo,” katanya saat ditemui di Gerai Kentang Kaliyan di Jalan Perumnas, Seturan, Jumat (27/04/2018).

Dikatakannya, dalam dunia jajanan kekinian atau kuliner pembukaan kedai Kentang Kaliyan ini diharapkan akan memberikan kesempatan pada masyarakat khususnya anak muda di Yogyakarta untuk  mencicipi varian kuliner yang unik namun tetap lezat. 

Panggah juga menambahkan penggunaan kentang impor dari Belgia karena dirasa lebih memiliki cita rasa dan tekstur yang berbeda dari kentang biasa. "Kentang Belgia atau yang biasa disebut Frites ini memang memiliki rasa yang berbeda, jika dimasak dengan cara yang benar akan menghasilkan rasa yang renyah di luar dan lembut di dalam,” ujarnya.

Sementara untuk pemilihan nama produk ‘KALIYAN’, yakni diambil dari Bahasa Jawa halus yang berarti ‘dan atau bersama’, sehingga diharapkan produk ini dapat dinikmati tidak hanya untuk diri sendiri, namun juga bersama orang-orang terdekat.

"Kita berharapnya seperti itu, produk kami bisa dinikmati untuk bersama-sama. Untuk harga variasi menu di Kentang Kaliyan di mulai dari harga Rp 15.000, sementara kedai buka dari jam 16.00-22.00 WIB,” pungkasnya. (*-3)