DIY Editor : Tomi sudjatmiko Rabu, 25 April 2018 / 11:21 WIB

Petugas Pantarlih Belum Paham Pengisian Form

WONOSARI, KRJOGJA.com - Pelaksanaan pemutakhiran data pemilih (pantarlih) hingga sekarang masih terus dilakukan KPU Gunungkidul. Namun belum didapatkannya data Form A KPU membuat Panwaslu Gunungkidul kesulitan melakukan pengawasan. 

"Sulit untuk mengawasi pendataan riil di lapangan. Berdasarkan pengawasan Panwaslu, masih ditemukan adanya pantarlih belum memahami tugas tata cara pengisian Form A KPU," kata Ketua Panwaslu Gunungkidul Antok MMPd, Selasa (24/04/2018).

Selain itu, kata Antok pantarlih ketika melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) tidak menggunakan alat kelengkapan. Seperti topi, tanda pengenal maupun ban lengan. Sehingga hal tersebut perlu untuk dibenahi. Seharusnya dalam melakukan pendataan atau coklit di lapangan, Pantarlih tetap mempergunakan identitas sehingga bisa lebih maksimal. 

"Kelengkapan untuk melakukan pendataan sangatlah penting. pantarlih perlu untuk memiliki kelengkapan yang cukup. Termasuk pengetahuan yang baik tentang tata cara coklit dan pengisian form,” ujarnya.

Ketua KPU Gunungkidul M Zaenuri Iksan terpisah menuturkan, pelaksanaan pantarlih di lapangan memang cukup dinamis. Berkait dengan temuan Panwaslu tersebut, KPU tentu akan menjadi bahan evaluasi. Serta untuk melakukan perbaikan dalam kinerja pantarlih selanjutnya. (Ded)