Ekonomi Editor : Tomi sudjatmiko Selasa, 17 April 2018 / 12:43 WIB

BIDIK PEMBIAYAAN PERUMAHAN RP 8 TRILIUN

CIMB Niaga Syariah Adakan KPR Mini Expo 2018

SLEMAN, KRJOGJA.com - Pangsa pasar industri keuangan syariah mulai menggeliat setelah sempat stagnan. Hal ini membuat Unit Usaha Syariah PT CIMB Niaga (CIMB Niaga Syariah) memancang target pertumbuhan pembiayaan perumahan (KPR) Syariah sebesar Rp 8 triliun sepanjang tahun ini. 

Guna memenuhi target itu, perseroan mengadakan KPR Syariah Mini Expo 208 di University Club Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta mulai Selasa - Jumat (17-20/04/2018).

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

"Pangsa pasar industri syariah nasional mulai melejit mencapai 5,8 persen. Sebelumnya, hanya di kisaran 5 persen. Kondisi ini membuat CIMB Niaga Syariah berani memasang target pertumbuhan pembiayaan dari sekitar Rp 6 triliun pada tahun 2017 menjadi Rp 8 triliun di tahun 2018," ungkap Head Of Syariah Consumer Banking and Product CIMB Niaga Syariah Dian Rachma Paramaiswari didampingi VP Syariah Consumer Financing  Group Head M Syaeful Huda dan Sales and Distribution Regional Head Jateng CIMB Niaga Eling Listiany kepada wartawan di sela acara, Selasa (17/04/2018).

Merry, sapaan akrab Dian Rachma Pramaiswari menjelaskan industri syariah memiliki potensi untuk berkembang. Produk yang ditawarkan juga kompetitif dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Apalagi, mulai tumbuhnya kesadaran umat muslim untuk berhijrah dan beralih ke produk syariah. Karena itu, hingga akhir tahun 2017 total pembiayaan CIMB Niaga Syariah mencapai Rp16,7 triliun atau tumbuh 63,5 persen dibandingkan tahun 2016 sebesar Rp 10,2 triliun.

"KPR Syariah misalnya memiliki keuanggulan tenor lebih lama dengan uang muka (DP) lenih murah ketimbang konvensional. Sebagian besar nasabahnya adalah (nasabah) baru dan kondisi ini memberi dampak poistif bagi sektor komersial di CIMB Niaga Syariah," paparnya.

Merry menjelaskan perseroan juga menyediakan fasilitas take over KPR dari konvensional menjadi syariah. Produk ini juga diminati dan keuntungan lain yang bisa dinikmati masyarakat. Hal ini juga bisa dimanfaatkan saat pelaksanaan KPR Syariah Mini Expo 2018 hasil kerjasama PT Gama Multi Usaha Mandiri.

"Kegiatan kali ini didukung delapan developer dintaranya Sumber Baru Residence, Sumber Baru Land dan Mataram City. Kami menawarkan pembiayaan syariah dengan pilihan DP dan margin ringan. Dalam memasarkan produk syariah, Kami dibantu jaringan cabang yang luas di Jateng-DIY," tandasnya.

M Syaeful Huda menjelaskan selain KPR, pihaknya juga menawarkan pembukaan tabungan haji sampai Tabungan iB Mapan Waqaf. Diadakan juga talkshow bertema syariah da strategi membeli rumah pertama. Dilakukan juga perjanjian kerjasama sehingga memungkinkan CIMB Niaga Syariah menawarkan progrm menarik bagi dosen sampai karyawan UGM. (Tom)