Tentara Israel Hancurkan Terowongan Gaza

PALESTINA, KRJOGJA.com - Militer Israel menghancurkan sebuah terowongan yang berasal dari Gaza yang masuk beberapa puluh meter ke dalam wilayah Israel, dekat komunitas Nahal Oz. Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menyatakan terowongan itu adalah yang kelima yang dihancurkan dalam lima bulan terakhir.

"Terowongan khusus ini berkualitas tinggi dan rumit, dalam hal jaringan terowongan (penetrasi Israel dari) wilayah utara Jalur Gaza," kata juru bicara Jonathan Conricus.

"Kami mengisi terowongan dengan material sehingga tidak akand apat digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama," kata dia seperti dilansir Deutsche Welle. Dia tidak merinci material apa yang digunakan, hanya menegaskan tidak menggunakan bahan peledak.

Penghancuran terowongan itu terjadi di tengah gelombang aksi protes warga Palestina di sepanjang pagar perbatasan antara Gaza dan Israel, yang dimulai sejak akhir Maret.

Terowongan yang dihancurkan terletak dekat lokasi demonstrasi "The March of Return" yang rencananya bakal digelar hingga pertengahan Mei. Dalam aksi itu 28 warga Palestina tewas, termasuk seorang jurnalis, dan lebih dari 1.500 luka-luka akibat tembakan Israel di Gaza. (*)

Tulis Komentar Anda