Peristiwa Editor : Ivan Aditya Selasa, 17 April 2018 / 06:45 WIB

Turki Dukung Serangan Amerika ke Suriah

TURKI, KRJOGJA.com - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mendukung serangan udara yang dilakukan Amerika Serikat, Perancis, dan Inggris pada akhir pekan lalu ke Suriah sebagai tanggapan atas dugaan penggunaan senjata kimia di Ghouta Timur.

"Kami menganggap operasi militer [AS] tepat dan sesuai," kata Erdogan kepada wartawan di Istanbul di sela kongres partai berkuasa, Partai Keadilan dan Pembangunan (AK).

Serangan gabungan itu disebut mengenai sejumlah situs militer dan senjata kimia Suriah. Presiden Donald Trump mendasari serangannya tersebut sebagai perlawanan terhadap Presiden Bashar Al-Assad yang diduga kembali menggunakan senjata kimia guna memberangus pemberontak di Douma, Ghouta Timur.

Sejumlah aktivis mengatakan serangan gas beracun itu berasal dari sejumlah bom barel yang dijatukan helikopter di atas Douma hingga menyebabkan orang-orang mati lemas dan tersedak. Tak hanya senjata kimia, Erdogan mengatakan respons tegas diharapkan berlaku terhadap penggunaan senjata konvensional lainnya di Suriah yang telah menelan korban tak bersalah seperti warga sipil. (*)