Soal Matematika UNBK Dinilai Terlalu Sulit

YOGYA, KRJOGJA.com - Adanya keluhan tentang soal Matematika dalam Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang terlalu sulit perlu dijadikan bahan evaluasi Kemendikbud. Evaluasi itu dibutuhkan, karena jika soal pendalaman materi tidak sesuai dengan UNBK. Secara tidak langsung menjadi indikator bahwa pembuat soal belum profesional dalam menafsirkan implementasi kurikulum dan menyiapkan soal untuk mengukur hasil belajar siswa.

”Saya kira kalau siswa merasakan sebagian soal Matematika sulit, mungkin masih tidak jadi masalah. Karena dari beberapa soal yang diujikan memang dituntut ada yang sulit. Semua itu akan menjadi masalah ketika seluruh soal itu sulit sehingga pembuat soalnya belum memahami tentang metode penyiapan soal sebagai instrumen UNBK,” kata Ketua Dewan Pendidikan Kota Yogyakarta, Dr Ariswan.

Ariswan mengungkapkan, meski masih ditemukan adanya kekurangan dalam pelaksanaan UNBK SMA. Namun pihaknya belum berani menyimpulkan apakah soal UNBK SMA memang memiliki tingkat kesulitan tinggi. Pasalnya hasil dari UNBK Matematika yang dikeluhkan sulit belum diketahui (nilainya belum keluar).

”Ketika sejumlah besar siswa mengatakan soalnya memang sulit kita baru bisa mengatakan boleh jadi soalnya memang sulit. Namun kepastian akan ditunjukkan ketika nilai ratarata hasil UNBK Matematika memang rendah sehingga soal tidak mampu mengukur daya serap siswa,” ungkap Ariswan, seraya menambahkan kalau itu yang terjadi maka Kemendikbud wajib menyiapkan tim profesional, soal UNBK yang terdiri dari guru-guru terbaik sesuai bidangnya. (Ria)

Tulis Komentar Anda