Hari Ini Digelar, Angkat Potensi Lokal dengan Jumputan on The Street

Tri Sakti, Endang Sri, dan Tuliswati pemilik Dea Modiste Batik dan Jumputan menunjukkan motif jumputan khas Tahunan. (Foto: Juvintarto)

YOGYA KRJOGJA.com - Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY siap menggeber Jumputan on The Street, Jumat (13/4/2018) hingga Minggu (15/4/2018) di Jalan Soga, Kampung Celeban Tahunan Umbulharjo Yogya. Even ini untuk mengangkat jumputan sebagai produk dan budaya lokal, untuk menumbuhkan cinta generasi muda, serta mengangkat ke ranah internasional.

"Didukung Kelurahan Tahunan dan warga serta Asosiasi Pengusaha dan Perancang Mode Indonesia (APPMI) Yogya even dimeriahkan Parade,  Bazaar, Fashion Show, Lomba Jumputan dan Panggung Kesenian," papar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY, Drs Tri Saktiyana MSi kepada wartawan, Kamis (12/4/2018) di kantornya, Jalan  Kusumanegara No 8 Yogya.  

Tri Sakti didampingi Kabid Industri Logam Sandang dan Aneka Dinas Perindag DIY, Ir Endang Sri Nuryani  MM dan salah satu pengusaha/perajin jumputan dari Kelurahan Tahunan, Tuliswati menyebutkan Kampung Celeban, Batikan di wilayah Kelurahan Tahunan dari awal 1990-an sudah ada kegiatan ekonomi buat jumputan, sebagai kampung perajin jumputan. "Ada sekitar 15 kelompok, di mana setiap kelompok beranggotakan 10-15 orang, kain/baju jumputan ini banyak dititipkan ekspor ke luar negeri, bahkan dikombinasi dengan batik, baju jumputan juga terlihat indah," papar Tri Sakti.

Acara dibuka Jumat (13/4/2018) sore dengan keikutsertaan 32 stand. "Satu stand bisa diisi beberapa peserta bazaar stand motif jumputan dengan atraksi dolanan dan kesenian, malam harinya ada Dialog Interaktif "Jumputan, antara kreatifitas dan komoditas" dilanjutkan pentas seni," jelasnya.  

Selanjutnya Sabtu (14/4/2018) dari pukul 09.00 ada gelar Jumputan on The Street, dan sore harinya gelar hasil karya jumputan, malamnya gelar seni budaya dalang cilik. "Minggu (15/4/2018) mulai pukul 06.00 ada gelar senam dan bazaar, dilanjutkan gelar Jumputan on The Street peserta siswa TK, SD, SMP, SMA, Pukul 14.00 Parade Jumputan dan sorenya penjurian hasil Jumputan on The Street, malamnya penutupan dengan pentas seni dan musik," jelas Tri Sakti. (M-3)

Tulis Komentar Anda