MANSA ‘LAUNCHING’ E-MADRASAH

Jangan Minder, Tunjukkan Prestasi

Peresmian E-Madrasah ditandai dengan tekan tombol bersama (Foto : Chaidir)

YOGYA, KRJOGJA.com - – Prof Dr Mahfud MD SH sebagai alumnus Madrasah Aliyah Negeri 1 Yogyakarta (Mansa) meminta kepada seluruh siswa madrasah untuk tidak bersikap minder. 

Sebaliknya, kata Mantan Menteri Pertahanan ini harus menunjukan kebanggaan bahwa banyak lulusan madrasah saat ini menjadi orang sukses dan menduduki jabatan tinggi di pemerintahan dalam berbagai bidang.

“Sudah banyak bukti bahwa lulusan madrasah bisa menjadi pejabat tinggi dan menduduki posisi penting dalam lembaga-lembaga tinggi negara, menteri hingga presiden. Jangan minder, tapi tunjukkan prestasi,” kata Mahfud MD dalam acara talk show peringatan Milad ke-68 Mansa di Gedung Purna Budaya Universitas Gadjah Mada, Sabtu (31/03/2018).

Mahfud menyatakan kebanggaannya sebagai alumnus madrasah karena telah menjadi ‘penyambung’ perubahan sosial dan politik. Kebanggaan lain adalah lulusan madrasah menjanjikan pemimpin yang memiliki integritas yang tinggi dan selalu menjunjung tinggi kejujuran. “Dulu lulusan madrasah tak leluasa dan hanya menjadi pegawai rendahan. Tapi sekarang banyak yang menduduki posisi penting dan pejabat tinggi,” tambah mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu.

Sementara itu Direktur Kurikulum, Sarana,kelembagaan dan Kesiswaan Kementeriaan Agama, Dr H Ahmad Umar MA, mengemukakan bahwa saat ini prestasi siswa dan lulusan madrasah sudah mengagumkan baik dari segi akademik mapun nonakademik. Sebagai contoh pada hasil Ujian Nasional 2017 lalu, untuk mata pelajaran IPS peringkat pertama diraih oleh siswa MAN Isan Cendikiawan Serpong, sedangkan mapel lainnya di peringkat ketiga setelah sekolah swasta. 

“Sekarang antusias masyarakat masuk madrasah sudah tinggi. Peminatnya melimpah, sehingga harus menambah ruang kelas,” tambahnya. (Cdr)

Tulis Komentar Anda