BSN Akan Gelar SNI Award 2018 Bidang Pendidikan

Istimewa

JAKARTA, KRJOGJA.com - Sebagai bagian dari upaya pemerintah dalam menstimulasi peningkatan penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI), untuk yang ke-14 kalinya sejak tahun 2005, BSN akan beri penghargaan SNI Award bagi perusahaan/organisasi yang berkinerja baik dan konsisten dalam menerapkan SNI. 

Deputi  Bidang Informasi dan Pemasyarakatan Standardisasi BSN, Zakiyah di Jakarta, Rabu (14/03/2018) menjelaskan SNI Award merupakan penghargaan tertinggi di bidang standardisasi dari Pemerintah Republik Indonesia melalui Badan Standardisasi Nasional. Pelaksanaan SNI Award dilakukan melalui serangkaian kegiatan penilaian yang sangat ketat sesuai kriteria oleh para Evaluator yang kompeten.

"Selanjutnya hasil penilaian dikaji oleh para dewan juri yang beranggotakan  para stakehoder di bidang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian, Ekonomi, Sosial dan Lingkungan Hidup," kata Zakiyah.

Dia menjelaskan sejak menjadi peserta SNI Award, peserta berkesempatan untuk mendapatkan umpan balik hasil penilaian SNI Award yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja organisasi. “Bahkan, penerima penghargaan kategori organisasi kecil barang dan jasa berkesempatan mendapat pelatihan di bidang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian secara gratis serta berkesempatan untuk diikutsertakan pada forum promosi internasional,” ujar Zakiyah .

Menurut Zakiyah penilaian SNI Award pada hakekatnya berorientasi pada kegiatan standardisasi dan pemanfaatan SNI secara berkelanjutan. Kerangka kerja SNI Award dikembangkan berdasarkan kajian dari beberapa sistem penilaian kinerja atau sistem award yang telah teruji seperti Malcom Baldridge National Quality Award (MBNQA), Excellent Services, SNI ISO 9004 dan lain-lain 

"SNI Award tahun ini berbeda dengan tahun kemarin dimana SNI Award tahun ini juga diberikan kepada organisasi pendidikan. Ada 2 kategori tambahan, yaitu kategori organisasi pendidikan menengah dan organisasi pendidikan tinggi yang telah terakreditasi institusi oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) atau Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), dan berlaku sekurang-kurangnya 2 tahun atau sejak tanggal 1 Maret 2016,” jelas Zakiyah.

Peserta SNI Award nantinya diminta mendeskripsikan seluruh aktivitasnya terkait dengan kriteria SNI Award yang ditetapkan. Penerima SNI Award akan mendapatkan Sertifikat SNI Award dan Trophy SNI Award peringkat Platinum, Emas, Perak dan Perunggu. Bagi penerima penghargaan SNI Award yang 3 tahun berturut-turut mampu mempertahankan peringkat platinum diberikan Penghargaan Khusus. 

SNI Award tahun ini telah dibuka pendaftarannya sejak 1 Maret sampai dengan 31 Mei 2018. Informasi lengkap tentang SNI Award dapat diakses di website BSN (http://bsn.go.id/main/berita/ detail/9112/pendaftaran-sni- award-2018-telah-dibuka). (Ati)

Tulis Komentar Anda