Peristiwa Editor : Ivan Aditya Rabu, 14 Maret 2018 / 23:15 WIB

KPK Tolak Imbauan Wiranto

JAKARTA, KRJOGJA.com - KPK enggan mengikuti saran pemerintah melalui Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto yang meminta lembaga antirasuah menunda  pengumuman tersangka calon kepala daerah yang ikut berkompetisi pada Pilkada serentak 2018. KPK tetap akan mengumumkan status tersangka mereka dalam waktu dekat.

"Selama kami memiliki bukti tentu akan diumumkan. Kalau memang ada bukan diada-adakan," kata Wakil Ketua KPK Saut Situmorang.

Saut mengatakan saat ini pihaknya masih mempelajari sejumlah barang bukti terkait dugaan korupsi beberapa calon kepala daerah tersebut. Menurut Saut, pihaknya tak akan menghentikan penyelidikan yang telah menemukan bukti permulaan yang cukup. "Lagi dipelajari seperti keterangan pak Agus (Ketua KPK Agus Rahardjo)," tuturnya.

Saut justru menyarankan pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) tentang pergantian calon kepala daerah yang tersandung kasus hukum, termasuk korupsi. Jadi, kata Saut, lewat Perppu tersebut calon kepala daerah yang menjadi tersangka bisa diganti calon lainnya oleh partai politik pengusung. (*)