Peristiwa Editor : Ivan Aditya Rabu, 14 Maret 2018 / 20:59 WIB

Penghitungan Suara Tak Akan Dilaksanakn di Desa

JAKARTA, KRJOGJA.com - Komisi II DPR, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Kementerian Dalam Negeri sepakat penghitungan suara Pilkada serentak 2018 tidak lagi dilakukan di tingkat kelurahan atau desa oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS). Tingkat terendah penghitungan suara akan dilakukan di tingkat kecamatan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Wakil Ketua Komisi II DPR, Ahmad Riza Patria mengatakan pemungutan suara akan tetap dilakukan di tempat pemungutan suara (TPS), namun kemudian lanjut dihitung di tingkat kecamatan, lalu kabupaten/kota, provinsi hingga tingkat nasional. "Rekapitulasi yang sebelumnya ada di tingkat kelurahan atau desa, langsung dilakukan PPK," kata Riza di Gedung DPR, kemarin malam.

Kesepakatan soal penghitungan suara antara ketiga lembaga bakal dituangkan dalam Peraturan KPU yang akan diundangkan ke Kementerian Hukum dan HAM. Riza mengamini bahwa peraturan itu berbeda dengan Pilkada sebelumnya. Namun, menyebut perubahan itu tidak bersifat signifikan. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari dampak perubahan tersebut. (*)