Peristiwa Editor : Tomi sudjatmiko Rabu, 14 Maret 2018 / 19:06 WIB

Tingkatkan Layanan, Jajaran Kemenhub Diminta Bersinergi Dengan Stakeholder

JAKARTA.KRJOGJA.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi minta seluruh jajarannya di Kemenhub, khususnya Ditjen Perhubungan Darat untuk bersinergi dengan stakeholder terkait dalam upaya meningkatkan pelayanan transportasi darat yang berkualitas.

"Hari ini Dirjen Perhubungan Darat mengumpulkan seluruh Kepala Dinas Provinsi, Kota dan Kabupaten untuk mengkoordinasikan kebijakan dari Kemenhub dan upaya memberikan motivasi kepada seluruh stakeholder agar bisa bekerja lebih baik dengan satu motivasi dan inovasi yang bagus,” kata Menhub Budi Karya Sumadi, saat membuka Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Bidang Perhubungan Darat Seluruh Indonesia Tahun 2018, di Jakarta, Rabu (14/03/2018).

Menhub menekankan hal yang paling utama yang harus dilakukan dalam memberikan pelayanan maksimal adalah meningkatkan keselamatan pengguna jalan dengan mengurangi angka kecelakaan. “Ada suatu program nasional berkaitan dengan keselamatan, itu sudah kita lakukan tinggal bagaimana kita melaksanakannya dengan baik dan konsisten,” tegasnya.

Selain itu, menurut Menhub, peran para Kadishub di seluruh Indonesia juga diperlukan untuk mendukung program keselamatan. “Saya yakin apabila poin-poin keselamatan sudah dijalankan maka angka kecelakaan bisa turun,” ujarnya.

Lebih lanjut Menhub mengatakan, pihaknya juga akan menerapkan sistem tilang atau menurunkan barang sebagian terhadap pelanggaran overloading sebagaimana tertuang dalam Pasal 277 UU. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Selain itu Kemenhub juga akan mengaktifkan kembali jembatan timbang untuk mencegah truk bermuatan lebih melintas di jalan raya.

Menhub kembali mengingatkan, kendaraan overload sangat merugikan karena merusak jalan, terutama untuk truk ankle yang mengangkut lebih dari 20 ton. Untuk itu, tindakan tegas akan diberikan melalui tilang atau menurunkan barang sebagian bagi truk yang membawa muatan berlebih (overloading), dan khusus untuk pelanggaran overdimensi agar berkoordinasi dengan kepolisian untuk penindakan tegasnya. (Imd)