Tanjakan Imogiri - Mangunan Bakal Diturunkan

Perbaikan jalan ambles di Temuwuh Dlingo Bantul sudah dilakukan pemerintah DIY. (Foto : Sukro Riyadi)

BANTUL, KRJOGJA.com - Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral (Dinas PUP-ESDM) DIY bakal segera melakukan peningkatan kualitas jalan Imogiri - Mangunan Dlingo Bantul. Ruas Jalan Imogiri - Mangunan bakal dilebarkan dari lima meter menjadi tujuh meter. Selain itu sejumlah tanjakan bakal diturunkan medannya agar kendaraan tidak 'mlorot'.

"Panjangnya sekitar tiga kilometer dari Mangunan ke Imogiri dan akan selesai 12 Agustus 2018," ujar Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas PUP ESDM DIY, Bambang Sugaib kepada KRJOGJA.com, Rabu (14/03/2018).

Dijelaskan, mestinya ruas jalan Imogiri - Mangunan Dlingo itu idealnya selebar 7 meter, namun di lapangan sekarang ini hanya lima meter. Oleh karena itu pemerintah DIY bakal segera melebarkan jalan.

Selain melebarkan badan jalan, pihaknya juga akan menurunkan medan jalan disejumlah tanjakan. Menurutnya kebijakan itu dilakukan agar permukaannya bisa lebih rendah sehingga tidak membahayakan kendaraan ketika kendaraan berjalan naik.

Selain itu dalam peningkatan kualitas jalan itu sejumlah tikungan bakal diperbaiki secara menyeluruh. "Kami juga membangun talud untuk sejumlah titik," ujarnya.

Sementara tahap pertama ini pembangunan jalan hanya dilakukan 3 km dari Mangunan ke Imogiri, sementara Mangunan - Dodogan akan dilakukan tahap selanjutnya. Terkait dengan perbaikan jalan ambles di Jalan Dlingo - Patuk sudah selesai dilakukan. "Setelah mendapat informasi dari masyarakat langsung kami turun untuk melakukan perbaikan jalan ambles dan langsung selesai," ujarnya.

Jalan tersebut mesti segera diperbaiki lantaran jadi akses utama dari Dlingo ke Patuk yang merupakan jalur protokol di kecamatan itu. (Roy)

Tulis Komentar Anda