Yogya Hanya Sumbang 1 Persen Wisman, Ternyata Ini Penyebabnya

Wisatawan mancanegara menikmati suguhan tari saat berada di Tamansari. (Foto:doc)

SLEMAN, KRJOGJA.com - Klaim DIY sebagai destinasi wisata nomor dua setelah Bali agaknya masih sebatas di atas kertas saja. Pasalnya, secara fakta DIY baru menyumbang 1 persen dari total wisatawan mancanegara yang bertandang ke Indonesia.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya saat dijumpat wartawan Rabu (14/3/2018) mengungkap fakta tersebut secara gamblang. Arief meminta wartawan tidak kaget dengan fakta jumlah wisatawan yang jauh dari harapan tersebut meski selama ini predikat kota pariwisata sudah tersemat di DIY.

“Pasti surprise kan dari 14 juta wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia hanya 1 persen saja di DIY yang artinya hanya 125 ribu saja yang direct. Kok bisa, ternyata critical success pointnya karena DIY tidak punya airport memadahi. Kalau mau ke sini (Yogya) harus keliling dulu 30 menit di atas,” ungkapnya.

Kementrian Pariwisata menurut Arief sebenarnya menargetkan paling tidak 2 juta wisman datang ke DIY dalam satu tahun. Terlebih, destinasi dunia yakni Candi Borobudur selama ini lebih dikenal dekat diakses dari DIY ketimbang Jawa Tengah.

“Seharusnya bisa 2 juta sesuai target dari Kemenpar, tapi harus punya airport internasional yang memang saat ini sedang dibangun di Kulonprogo. Ini wajib dibangun, karena Indonesia itu atraksinya bagus tapi aksesnya masih lemah,” ungkapnya lagi. (Fxh)

Tulis Komentar Anda