BPJS Kesehatan Hadirkan Aplikasi Mobile JKN

Dwi Hesti Yuniarti didampingi staf menunjukkan aplikasi Mobile JKN di gawai yang akan memudahkan peserta mengakses layanan BPJS Kesehatan. (Foto : Febriyanto)

YOGYA, KRJOGJA.com - Dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan meluncurkan aplikasi berbasis aplikasi digital Mobile JKN. Aplikasi ini merupakan bentuk transformasi digital model bisnis BPJS Kesehatan yang semula berupa kegiatan administratif di kantor cabang atau fasilitas kesehatan (faskes).

"Kegiatan tersebut ditransformasi dalam bentuk aplikasi yang dapat digunakan peserta dimana saja dan kapan saja tanpa batasan waktu. Langkah ini kami ambil melihat semakin banyak masyarakat yang menggunakan perangkat digital, khususnya handphone android dalam segala aktivitas. Kami tidak mau ketinggalan," terang Kepala BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta dr Dwi Hesti Yuniarti dalam Temu Media di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta, Rabu (13/03/2018).

Dijelaskan Hesti, aplikasi tersebut dapat diunduh melalui Google Play Store dan Apple Store. Saat ini menurut data, tercatat pengguna aplikasi Mobile JKN versi android sebanyak 1 juta user dan aplikasi Mobile JKN versi iOS sebanyak 2 ribu user.

"Angka tersebut kami yakini akan terus meningkat. Aplikasi ini dapat digunakan untuk memberi kemudahan mendapatkan layanan JKN-KIS yang mampu menjangkau seluruh penduduk di wilayah Indonesia," imbuhnya.

Melalui layanan ini, masyarakat dapat mendaftar menjadi peserta JKN-KIS secara langsung tanpa harus antri. Peserta tinggal mengunduh dan masuk ke menu pendaftaran. Bahkan nantinya setelah proses pendaftaran berhasil, kartu JKN-KIS akan dikirimkan ke alamat peserta dalam kurun waktu tujuh hari kerja melalui layanan paket pos.

"Banyak fitur atau menu yang dapat diakses, seperti penambahan keanggotaan, perubahan faskes, informasi BPJS Kesehatan dan lainnya. Semua untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan layanan," lanjut Hesti.

Selain melalui aplikasi Mobile JKN berbasis digital, BPJS Kesehatan juga intens menyosialisasikan layanan melalui Care Center 1500 400 dengan tarif lokal. Layanan ini juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan terkait pelaksanaan BPJS Kesehatan. Ada pula Mobile Customer Service yang akan berkeliling ke berbagai wilayah secara rutin untuk melayani kebutuhan masyarakat terkait dengan layanan BPJS Kesehatan. (Feb)

Tulis Komentar Anda