Ternyata, WiFi dan Powerbank Jadi Kebutuhan Dasar Wisatawan Jaman Now

Ilustrasi. Foto: Dok

SLEMAN, KRJOGJA.com - Bergesernya kebiasaan masyarakat ke arah digital ternyata mempengaruhi iklim pariwisata. Saat ini, tak hanya infrastruktur dan transportasi saja yang jadi kebutuhan dasar namun jaringan internet WiFi dan listrik untuk mengisi daya smartphone jadi hal wajib disiapkan di sebuah destinasi wisata. 

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan saat ini habit atau kebiasaan wisatawan mulai bergeser seiring berkembangnya era digital. Menurut dia, wisatawan kini memiliki kebutuhan berbeda terutama dalam menunjang barang digital yang hampir selalu dibawa. 

“Wisatawan saat ini sifatnya lebih ke personal, mobile dan interactive sesuai era digital yang saat ini sedang terjadi. Kalau orang datang ke destinasi wisata tidak ada WiFi maka sudah tidak bisa lagi itu, tidak menarik. Begitu juga powerbank yang jadi barang kebutuhan utama,” ungkapnya pada wartawan Rabu (14/3/2018). 

Gaya hidup baru inilah yang harus ditangkap untuk menambah wisatawan yang datang berkunjung ke destinasi wisata. Kebiasaan share melalui sosial media jadi hal wajib dilakukan wisatawan dari berbagai negara saat ini. “Pengaruh lifestyle ini harus kita ikuti, kita tidak bisa mengesampingkan begitu saja karena pariwisata adalah industri jasa,” sambung Menpar. 

Dari sisi perekonomian, kebiasaan baru wisatawan bisa ditangkap sebagai hal positif bagi Indonesia. Selain memperkenalkan secara langsung destinasi wisata, kebiasaan berbagi melalui media digital diklaim mampu mendorong industri ikutan lain seperti fashion, kuliner dan hiburan. 

“Ini peluang usaha yang harus dimanfaatkan dengan cerdas oleh para pelaku industri pariwisata dan industri sekelilingnya. Indonesia harus bisa memanfaatkan situasi menarik ini,” ungkap Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Trikasih Lembong. (Fxh)

Tulis Komentar Anda