SAMBUT WISATAWAN MANCANEGARA

Wow...Kaki Langit Mangunan Siapkan Homestay Kelas Internasional

Homestay milik Ny Sumiyah di Mangunan Dlingo Bantul. Foto: Sukro Riyadi

DLINGO (KRjOGJA.COM) - Pengelola Desa Wisata Kaki Langit Mangunan Dlingo Bantul terus berbenah dengan melengkapi kawasan itu dengan homestay. Langkah tersebut diambil seiring makin tingginya  kunjungan wisatawan dengan tujuan objek wisata dikawasan itu. Jika sebelumnya keberadaan homestay sekadar menyediakan wisatawan dalam negeri. Namun seiring berjalannya waktu, homestay juga sangat dibutuhkan untuk memenuhi wisatawan dari mancanegara. Bahkan sekarang ini di Mangunan Desa Mangunan Dlingo Bantul sudah punya  homestay  kelas internasional.  

"Secara keseluruhan kami punya 25 homestay. 16 diantaranya sudah masuk kelas bertaraf internasional artinya sudah siap menyambut wisatawan asing dan masih ada 9 proses penggarapan," ujar Ketua Desa Wisata Kaki Langit, Purwo Harsono Ipung, Selasa (13/3) ditemui di Mangunan Dlingo Bantul.

Dijelaskan, kebutuhan akan homestay sekarang ini memang sudah mendesak. Karena wisatawan masuk di kawasan Mangunan Dlingo Bantul sudah tidak terbatasi oleh waktu. Wisatawan mengunjungi Mangunan ada yang pagi hari hingga dini hari.  Mereka datang memanfaatkan momentum indah di Mangunan. Sehingga tidak jarang wisatawan itu harus menginap untuk melihat langsung matahari terbit dari ufuk timur. 

Dengan trend itulah pengelola Desa Wisata Kaki Langit terus berupaya agar homestay sanggup menampung wisatawan.  Dengan kesiapan itulah pengelola desa wisata ingin masyarakat terberdaya lewat usaha penginapan. Oleh karena itu wisatawan yang ingin menginap di Mangunan Dlingo Bantul tidak perlu khawatir.

Meski kelasnya sudah internasional, tidak lantas pengelola menerapkan tarif setinggi langit. “Kami sudah sepakat untuk sewa masih sangat terjangkau, tetapi soal fasilitas tidak perlu diragukan,” ujarnya. 

Sementara khusus di Dusun Mangunan Dlingo Bantul banyak terdapat homestay dengan banyak paket. Bahkan sejumlah mahasiswa kerap memanfaatkan home stay untuk menggelar kegiatan di kawasan itu.  Sementara homestay milik Ny Sumiyah di Mangunan Dlingo Bantul sudah beberapa kali dipakai wisatawan asing untuk menginap. “Khusus milik Mbak Sumiyah itu sudah sering dipakai wisatawan mancanegara,” ujarnya. (Roy)

 


 

Tulis Komentar Anda