Jateng Editor : Agus Sigit Selasa, 13 Maret 2018 / 20:47 WIB

DUKUNG PENATAAN KOTA

Dua Ruas Jalan Kota Salatiga Bakal Dibuat Satu Arah

SALATIGA, KRjogja.com - Dua jalur jalan di dalam Kota Salatiga segera diubah untuk mendukung penataan kota dan meningkatkan keramaian serta geliat kawasan kuliner. Dinas Perhubungan Kota Salatiga menggelar rapat koordinasi perubahan jalur dua arah menjadi satu arah, Selasa (13/3).

Kepala Dinas Perhubungan Salatiga, Ady Suprapto kepada KRJogja.com, menjelaskan perubahan jalur dua arah menjadi satu arah di Salatiga pernah dilakukan beberapa tahun silam, yakni untuk kawasan pusat perdagangan Jalan Jenderal Sudirman (Jensud).

“Kami akan menata jalur untuk mendongkrak Kota Salatiga dan tertata dengan baik kawasannya. Rapat kami gelar untuk menentukan keputusan bersama,” tandas Ady Suprapto, Selasa (13/03/2018).

Ia menjelaskan tahun 2018 awal ini dua ruas jalan dari dua arah menjadi satu arah, yakni Jalan Kartini dan Jalan Monginsidi yang terkenal dengan kawasan kuliner tempat nongkrong di Salatiga. Jalan Kartini diberlakukan satu arah mulai dari pertigaan SD ‘Jegglong’ kearah barat sampai pertempatan Jetis (Jalan raya Solo-Semarang). Kemudian untuk Jalan Monginsidi sepanjang kurang lebih 1 kilometer dijadikan satu arah dari Jalan Kartini menuju Jalan Diponegoro kawasan Kampus UKSW.

“Seluruh jalan kemungkinan akan dibuat satu arah sehingga tertata dengan baik dan keramaian menyebar di seluruh Kota Salatiga. Namun akan dilakukan pengkajian untuk jalan-jalan yang lain. Tetapi ruas dua jalan pertama Jalan Kartini dan Jalan Monginsidi dalam waktu dekat ini. Salatiga akan meniru penataan jalan Kota Bandung,” tandas Ady Suprapto kepada KRJogja.com. (Sus)