Peristiwa Editor : Tomi sudjatmiko Selasa, 13 Maret 2018 / 19:22 WIB

Pembentukan Karakter Jaga Imunitas Bangsa

JAKARTA, KRJOGJA.com -  Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono dalam  Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 tahun 2018, bertempat di Hotel Ciputra, Jakarta Barat, Selasa (13/3/2018) menjelaskan guna menjaga imunitas bangsa harus dengan membangun karakter generasi penerus bangsa.

Menurut KSAD sepanjang tahun 2018 ini TNI AD bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) beserta seluruh jajarannya mengadakan program TMMD. Bahkan, program TMMD juga bekerjasama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi/Kabupaten/Kota, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Provinsi/Kabupaten/Kota serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi/Kabupaten/Kota.

KSAD menegaskan, program TMMD merupakan bagian dari komitmen TNI AD untuk ikut membangun bangsa dan negara bersama komponen bangsa lainnya secara sinergi dan berkesinambungan.  "Mulai tahun 2017 yang lalu, kegiatan TMMD dilaksanakan tiga kali dalam setahun. Adapun tema yang diusung tahun ini yaitu TNI Manunggal Rakyat Membangun Karakter dan Kemandirian Bangsa," tegasnya.

KSAD menambahkan Rakornis TMMD ke 101 ini telah sesuai dengan perkembangan aktual bangsa Indonesia saat ini. Bangsa Indonesia telah memiliki Imunitas bangsa yang meliputi Pancasila, UUD 1945 dan Bhinneka Tungga Ika. Imunitas bangsa ini yang sekarang sedang mengalami gangguan virus berupa terorisme, radikalisme dan narkoba.

"Gangguan tersebut merupakan virus yang harus kita perangi, kewajiban kita bersama untuk terus membangun karakter generasi penerus bangsa agar imunitas bangsa tetap terus terjaga,” ujar Kasad.


Ditegaskan Kasad, kegiatan TMMD ini merupakan salah satu wujud operasi bakti TNI yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya.

“Diharapkan kegiatan ini dapat mendorong akselerasi pembangunan di beberapa daerah tertinggal dan yang terkena bencana. Pelibatan TNI dalam pembangunan kesejahteraan yang dilakukan pemerintah, pada dasarnya telah sesuai dengan amanat Undang-undang diantaranya tugas TNI melaksanakan OMSP untuk memberdayakan wilayah pertahanan secara dini dan membantu tugas pemerintah di daerah," ungkapnya. (Ati)